15 Juni 2021

Duet Pengusaha dan Birokrat Muda Yogi dan Haryadi Pimpin DPD PA-GMNI Sumbar



PASAMAN, (
GemaMediane
t.com
| Yogi Yolanda, pengusaha muda asal Agam dan Haryadi, PNS muda asal Pasaman pimpin Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA-GMNI) Sumatera Barat setelah keluarnya SK DPP PA GMNI Pusat, kemarin.

Yogi dan Haryadi terpilih menjadi ketua dan sekretaris DPD PA GMNI Sumatera Barat melalui musyawarah enam DPC PA-GMNI kabupaten/kota Sumatera Barat (Sumbar) yakni, Kabupaten Pasaman, Kota Padang, Kabupaten Mentawai, Kota Bukittingi, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Tanah Datar.

Semua sudah sepakat, Bung Yogi menjadi Ketua PA GMNI Sumatera Barat sesuai dengan keputusan musyawarah yang disepakati oleh DPC PA 6 wilayah kabupaten/kota, terdiri dari ketua-ketua DPC, Sekretaris dan Bendahara,” ujar Haryadi, Sekretaris DPD PA Sumbar dalam keterangan tertulis diterima media ini.

Haryadi menjelaskan, sesuai dengan SK DPP PA-GMNI Nomor : 023/SK/DPP/PA-GMNI/V/2021 tanggal 31 Mei 2021 yang ditandatangani ketua umum dan sekretaris jenderal, DPD PA-GMNI Sumatera Barat terdiri dari 21 orang dalam struktur kepengurusan.

Adapun daftar kepengurusan tersebut antara lain Ketua Yogi Yolanda, S.Hum, Wakil Ketua Bidang Internal Organisasi dan Keanggotaan Muhammad Utche Fradana, S.Fil, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi Dian Ikhwan, S.IP.

Selain itu, Wakil Ketua Bidang Eksternal Hubungan Antar Lembaga Mitsu Pardede, SH, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Informasi, Komunikasi dan Riset Teknologi Alim Harun Pamungkas, M.Pd, Wakil Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan; Drs. Saudara Halomoan Pardede.

Seterusnya, Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Sarinah, Sosial dan Perlindungan Anak Sefniwati, SP, Wakil Ketua Bidang Ekonomi, Koperasi dan Kewirausahaan S. Metron Madison, SE, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Dani Damhuri Putra, S.IP, Wakil Ketua Bidang Kepemiluan Dicky Andrika, S.IP.

Selanjutnya, Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Advokasi Kebijakan Dr. Rudi Candra, M.Pd, MH, MM, M.Ed, Wakil Ketua Bidang Politik, Pemerintahan dan Reformasi Birokrasi Rudi Apriasi, ST, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Septria Yanto, S.IP, Wakil Ketua Bidang Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa Maswandi Harmen, ST, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Propaganda Rakyat Muhammad Fatahuddin, SE.

Disamping wakil ketua tersebut di atas, DPD PA GMNI juga terdiri dari Sekretaris Haryadi, S.AP, Wakil Sekretaris I Candra Simanungkalit, SH, Wakil Sekretaris II Zaini Affandy, S.Hum. Sedangkan untuk Bendahara  Febrian Bartez, S.IP, Wakil Bendahara I Vanny Octaviani, S.Sos dan Wakil Bendahara II; Yusfik Helmi, S.Ei.

Haryadi juga menjelaskan, sebagai wadah berkumpulnya para Alumni GMNI di Ranah Minang, terkait program ke depan baik di PA GMNI Provinsi maupun di DPC harus memiliki garis koordinasi yang jelas, konstruktif serta syarat akan manfaat dan tujuan yang jelas. 

"Inikan buat menopang ajaran-ajaran pendahulu Sumbar yang sangat nasionalis seperti Hatta, Sjahrir, M. Yamin, Agus Salim dan sebagainya. Jadi, kehadiran alumni baik DPD maupun DPC diharapkan dapat menopang DPC-DPC GMNI aktif di Sumbar dalam memahami nasionalisme kebangsaan nantinya," ujar Haryadi.

Untuk dapat melakukan itu, disebutkan Haryadi, DPD sebagai organisasi di level provinsi dan tugas pertama adalah mendata semua PA GMNI di wilayahnya, baik yang senior maupun junior. "Itu semua dicatat serta dimasukkan database," jelas Haryadi.

Sementara, Ketua DPD PA-GMNI Sumbar Yogi Yolanda mengatakan, amanah yang diberikan padanya dengan Haryadi selaku ketua dan sekretaris alumni GMNI di Sumatera Barat akan ia jadikan momentum yang baik dalam ikut serta berperan dalam pembangunan di Sumbar kedepannya.

"Melalui wadah alumni ini, kita akan membantu pemerintah provinsi (pemprov) Sumbar dalam konteks mendorong terwujudnya pembangunan," ujar Yogi.

Dia juga menjelaskan, warna kepengurusan DPD PA GMNI  berasal dari berbagai profesi, ada yang dari birokrasi, pengusaha, pengurus partai politik, lembaga swadaya, lembaga sosial dan media.

Yogi juga menambahkan, kehadiran PA GMNI di Sumatera Barat ke depan akan membantu peran tugas Pemprov dalam mengawal nilai nilai kebangsaan di Ranah Minang, partisipasi ini nanti akan ikut serta mengawal dari rongrongan dan gangguan yang mengancam nilai nilai kebangsaan dan Pancasila," tukasnya.

Kembali diingatkan oleh Yogi, bahwa Sumatera Barat adalah gudang para tokoh pendiri Republik Indonesia, melalui pergerakannya di masa lampau Sumbar dikenal sebagai gudang pemikir. Menurut Yogi, ini harus terpelihara sehingga potensi Sumbar yang besar ini akan ada sampai kapan pun.

Untuk mewujudkan itu, menurut Yogi bersama rekan-rekan pengurus yang lain, ke depan akan menguatkan nilai-nilai nasionalisme di tengah masyarakat Sumbar melalui program peningkatan wawasan kebangsaan.

Disamping itu, menurut Yogi juga melalui GMNI sebagai wadah anak-anak muda memahami nilai nilai nasionalisme dan Pancasila di Sumbar ia akan dirikan DPC DPC GMNI di berbagai kabupaten/kota ke depan. Dengan kehadiran ini, Yogi berharap anak anak muda Sumbar bergabung dan bisa belajar tentang ke GMNI-an.

Selain itu Yogi juga mengajak semua pihak, untuk menjaga nilai-nilai sejarah serta peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Barat. Dengan menjaga ini menurut Yogi, generasi muda di Sumbar akan mengenal para pendahulunya yang telah berjuang dan memiliki andil di republik ini.

"Kita optimis, dengan melahirkan generasi generasi nasionalis baru dari Sumbar, serta menjaga nilai-nilai sejarah dan peninggalan-peninggalan para pendahulu ini, generasi muda Minangkabau ke depan akan menjadi sosok-sosok nasionalis yang mampu membawa kejayaan buat bangsa Indonesia," jelas Yogi. (Noel).

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan