18 April 2021

Pesantren Ramadhan 1442 H Resmi Dibuka, Ini Harapan Wali Kota Padang di Tahun Pelaksanaan ke-17


PADANG (
GemaMedianet.com
 Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M bagi pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs resmi dibuka Wali Kota Padang Hendri Septa, Minggu (18/4/2021) ba'da Shubuh.

Pembukaan secara resmi Pesantren Ramadan tahun 1442 H ini dilaksanakan di Masjid Raya Banuaran, Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Pembukaan itu menandai dimulainya secara serentak Pesantren Ramadhan di 1.648 masjid dan mushalla yang ada di Kota Padang.

Pembukaan itu juga serentak dipusatkan di salah satu masjid di 104 kelurahan yang ada di kota Padang.

Berbeda di tahun sebelumnya yang dilakukan secara virtual akibat pandemi COVID-19, pembukaan Pesantren Ramadhan 1442 H digelar secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan 3 M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan).

Tema kegiatan keagamaan yang memasuki tahun ke-17 ini adalah "Pesantren Ramadhan Membentuk Generasi Sehat, Taat, Kuat dan Beradat".


Wali Kota Padang Hendri Septa di kesempatan itu mengatakan, sejatinya tujuan awal pelaksanaan Pesantren Ramadhan di Kota Padang, adalah sebagai salah satu upaya dalam menciptakan generasi muda yang Qurani dan berkarakter mulia.

"Tahun ini adalah pelaksanaan Pesantren Ramadhan ke-17, sejak dimulai tahun 2005. Semoga program ini terus berjalan dan memberikan manfaat bagi generasi muda di Kota Padang selaku calon pemimpin dan generasi penerus bangsa," harap Wako.

Hendri Septa menyebutkan, untuk program Pesantren Ramadan tersebut Pemerintah Kota (Pemko) Padang berkomitmen untuk selalu melakukan evaluasi terkait materi pesantren maupun metode pelaksanaannya.

Dijelaskannya, untuk peserta Pesantren Ramadhan tahun ini diikuti sebanyak 122.891 orang. Terdiri dari murid SD/MI sebanyak 83.577 orang dan murid SMP/MTs 39.314 orang. Kemudian untuk pelaksanaannya di 650 masjid dan 998 mushalla di Kota Padang.


Hendri Septa mengingatkan, pada Pesantren Ramadhan kali ini para pelajar harus mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk pelajar tingkat SD sederajat dimulai dari pukul 09.45 WIB hingga 13.00 WIB. Sementara untuk pelajar SMP dari pukul 04.30 WIB sampai 09.30 WIB.

"Aktivitasnya dimulai dari shalat Shubuh berjamaah, Shalat Dhuha, membaca dan Tahfiz Quran serta dilanjutkan materi Pesantren Ramadhan," terang wako didampingi Camat Lubuk Begalung Wilman Muchtar.

Sementara, bagi pelajar SD dan SMP di Kota Padang yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha, mereka akan melaksanakan kegiatan di rumah ibadah sesuai keyakinan yang dianut, serta melaporkan hasil kegiatan ke sekolah masing-masing.

Hendri Septa berharap, Pesantren Ramadhan tahun ini terlaksana dengan baik.


"Kami mohon dukungan dari para orangtua, para guru dan pengurus masjid/mushalla untuk sama-sama  menyukseskannya," harap Hendri.

Kepada seluruh peserta, Hendri Septa mengajak agar mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir pelaksanaan dengan baik, tekun dan sungguh-sungguh.

"Insya Allah, ilmu keagamaan yang kita dapatkan selama Pesantren Ramadhan ini dapat membentuk karakter yang baik dan mulia," pungkas Wako.

Di akhir kegiatan Wali Kota Padang Hendri Septa mengalungkan tanda peserta sebagai tanda awal dimulainya Pesantren Ramadan 1442 H/2021 M.

Orang nomor satu di Ibukota Provinsi Sumatera Barat itu juga menyelingi kegiatan dengan memberikan kuis untuk memotivasi peserta didik.

Hendri Septa memberikan hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dan tantangan yang diberikan. (lipsus)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan