16 April 2021

700-an Taruna Peserta Latsitardanus Dari Berbagai Akademi, Abdikan Diri Hingga 21 April di Sumut



MEDAN (GemaMedianet.com Sedikitnya 701 Taruna/Taruni dari Akademi Militer (AKMIL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (AKPOL) tiba di Dermaga 103, Lantamal I Belawan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (5/4/2021) lalu. 

Para taruna tersebut akan mengikuti kegiatan Latihan Integerasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-41 di Sumatera Utara (Sumut).

Para peserta Latsitardanus tersebut tiba di Dermaga 103 Lantamal I Belawan menggunakan KRI Makassar 590 bersama 229 Anggota Tetap TNI dan Polri. Seluruh taruna akan bergabung dengan 100 mahasiswa lokal untuk melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat selama 14 hari di Sumut (8-21 April).

Ada enam Kabupaten/Kota Sumut yang Satuan latihan (Satlat) kegiatan seluruh peserta Latsitardanus ke-41 antara lain Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Simalungun, Kota Medan, Kota Binjai dan Kota Tebingtinggi. Selama kegiatan Latsitardanus ke-41 peserta akan melakukan riset sosial, penyuluh kesehatan, narkoba, Covid-19 dll.

“Para peserta siap untuk melakukan kegiatan Latsitardanus di Sumut. Selain kegiatan non-fisik, mereka juga akan melakukan kegiatan fisik seperti perbaikan rumah ibadah, membuat MCK, saluran drainase, rehabilitasi rumah perbaikan jalan dan lain-lain,” kata Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsekal Madya TNI-AU Tamsil Gustari Malik, usai acara penyambutan di Dermaga 103.

Tamsil Gustari Malik berharap para taruna meningkatkan semangat integrasi, moralitas, pengetahuan dan wawasan selama mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bernegara dan bela negara di kalangan masyarakat, serta cinta tanah air.

“Tujuannya tentu memberikan bekal kepada para Taruna Akademi TNI dan AKPOL sebagai kader pemimpin TNI dan POLRI menyongsong tugas pengabdian kepada bangsa dan negara di masa akan datang. Dan juga selama kegiatan ini mereka mampu meningkatkan kesadaran bernegara di kalangan masyarakat,” katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina berharap kegiatan Latsitardanus ke-41 di Sumut berjalan lancar. Dia berharap peserta Latsitardanus mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang luas selama berkegiatan di Sumut.

“Kita doakan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan masyarakat kita harus mendukung kegiatan ini. Baik peserta maupun masyarakat kita harapkan agar mendapatkan wawasan yang luas sehingga kegiatan ini berjalan seperti apa yang kita inginkan. Dan mudah-mudahan anak-anak kita di sini semakin kuat keinginannya untuk menjadi Taruna TNI atau Polri,” kata Sabrina.

Kedatangan para Taruna AKMIL, AAU, AAL, dan AKPOL disambut oleh Walikota Medan Bobby Nasution, Danjen Akademi TNI Marsekal TNI-AU Tamsil Gustari Manlik dan Komandan Danlantamal I Belawan Brigjen TNI Marinir I Made  Wahyu Susanto di anjungan Dermaga 103 Lantamal I Belawan. Pada, Rabu (7/4)  peserta akan mengikuti upacara pembukaan yang dijadwalkan dihadiri Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan