01 Februari 2021

Nakes Puskesmas Pasar Ahad Disuntik Vaksin Sinovac


TANJUNGRAYA (GemaMedianet.com) — Sebanyak 30 orang tenaga kesehatan (Nakes) di lingkungan Puskesmas Pasar Ahad, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mulai menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Senin (1/2/2021). 

Vaksin yang diberikan jenis Sinovac ini sebelumnya telah melalui proses uji klinis oleh Badan POM serta mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Azra Nofrizal, SKM, MM, menyebutkan, proses vaksinasi melibatkan 41 orang nakes di lingkungan Puskesmas. Dimana proses pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap, yaitu hari ini sebanyak 30 orang, dan Selasa (2/2) besok 11 orang. 

"Hari ini ada 30 orang nakes yang disuntik vaksin. Akan tetapi, 11 orang nakes lainnya ditunda hingga Selasa besok, karena sedang menjalankan puasa dan menjalani tugas dinas malam," ujar Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Senin.

Ia mengatakan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin ke tubuh, para peserta terlebih dahulu menjalani beberapa proses, seperti registrasi, verifikasi, dan pemeriksaan (screening) sederhana untuk mendeteksi penyakit yang diderita peserta. 

"Disamping itu, ada sejumlah syarat tertentu yang harus dipenuhi peserta sebelum melakukan vaksinasi. Diantaranya tidak menderita hipertensi, tidak memiliki riwayat penyakit jantung, sedang tidak hamil atau menyusui, tidak pernah terinfeksi COVID-19, dan lain sebagainya," katanya.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan vaksinasi bagi tenaga kesehatan adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19. 

Dalam proses vaksinasi kepada nakes, pihaknya menyiapkan sebanyak 5 orang petugas vaksinator yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan. Dimana mereka mempunyai wewenang untuk melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 ke tubuh peserta.

"Dosis vaksin yang disuntikkan ke tubuh yakni sebanyak 0,5 ml," sebutnya.

Adanya proses pemberian vaksin ini, diharapakan seluruh tenaga kesehatan bisa terlindungi dari paparan COVID-19. Selain itu, kepada masyarakat diminta untuk tetap menjaga kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona. (Bryan)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan