07 Januari 2021

Kepala Bakeuda Pasaman Lantik Empat Pejabat Fungsional AKPD


PASAMAN, (GemaMedianet.com)  Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis diwakili oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Pasaman, M Ronni melantik dan mengambil sumpah pejabat fungsional Analisis Kuangan Pusat dan Daerah (AKPD) di lingkungan Bakeuda Kabupaten Pasaman di Aula BKPSDM Pasaman, Kamis (7/1/2021).

Pengambilan sumpah jabatan ditandai dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan oleh semua pejabat yang dilantik, dengan saksi terdiri dari Kepala BKPSDM Pasaman Anasrullah, Inspektur Kabupaten Pasaman M. Ikhsan. 

Selain itu, turut disaksikan oleh Kadis Kominfo Pasaman Williyam Hutabarat, Kepala Dinas Pertanian Efriyanto, dan beberapa pejabat serta staf di lingkungan Bakeuda Pasaman.

Dalam sambutannya, M Roni mengungkapkan, jabatan fungsional memiliki peran tak kalah pentingnya dengan jabatan struktural dalam menggerakkan roda pemerintahan daerah.  Dalam setiap pemerintahan, dibutuhkan profesionalisme atau keahlian khusus yang bisa dilakukan oleh pejabat fungsional khusus. 

“Menjadi pejabat fungsional tertentu yang memang kita butuhkan. Pada kesempatan ini atas nama pribadi dan pemerintah saya menyampaikan selamat kepada saudara,” ujarnya.

M. Roni juga menyampaikan, Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah, yang selanjutnya disebut Jabatan Fungsional AKPD, adalah jabatan fungsional tertentu yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan analisis keuangan pusat dan daerah dalam lingkungan instansi Pusat dan Daerah.

“Adapun aktifitas lingkup keuangan pusat dan daerah yang akan dilaksanakan oleh pejabat fungsional AKPD yang baru dilantik adalah melaksanakan manajemen penerimanan, pengeluaran, pembiayaan dan hutang, aset dan desentralisasi fiskal,” ungkap M. Roni.

Lebih jauh, dia juga menjelaskan bahwa AKPD yang baru dilantik juga mempunyai tugas tambahan yaitu untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan implementasi kebijakan dibidang analis keuangan pusat dan daerah dengan harapan terus belajar dan mengembangkan potensi individu dalam mewujudkan kemajuan Pasaman.

Kepada pejabat fungsional yang telah dilantik, M. Roni berpesan untuk mengemban jabatan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme. Jika hal tersebut dapat dilaksanakan, maka tingkat kepuasan masyarakat kepada pelayanan publik pun dapat meningkat.

“Tugas ini diberikan kepada saudara atas kepercayaan, baik pejabat fungsional kami memberi amanah, berikanlah kontribusi positif dalam rangka percepatan kinerja secara menyeluruh, sekaligus lebih fokus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pintanya.

Empat orang pejabat fungsional AKPD yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut adalah, Muhammad Yasri Saputra, SE, MM sebagai pejabat fungsional AKPD ahli Madya yang sebelumnya bertugas sebagai Sekretaris pada Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman.

Selanjutnya, Rahma Yenti, SE, M.Ec.Dev, Yunilawati, SE, Akt, serta  Rita Syafri, SE sebagai pejabat fungsional AKPD Ahli Muda yang sebelumnya bertugas sebagai pejabat struktural dan staf pada Bakeuda Pasaman. (Noel)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan