22 December 2020

Wali Kota Resmikan Pasar Modern Nauli Sibolga dan Tutup Pasar Murah



SIBOLGA, (GemaMedianet.com) — Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM meresmikan Pasar Modern Nauli Sibolga, di Jalan Oswald Siahaan, Panomboman, Kecamatan Sibolga Utara, Sabtu (19/12/2020) siang.  

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota dan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua TP-PKK Kota Sibolga Ny. Doharta Edi Polo Sitanggang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Syarfi menyampaikan, Pasar Modern Nauli Sibolga yang diresmikan kali ini diperuntukkan bagi pedagang khusus Sibolga. 

"Yakni sesuai permintaan pedagang yang berada di SMPN 2 agar tidak lagi mengganggu pengguna jalan, dan dapat dipergunakan hingga sore," ujar Syarfi. 

Ia berpesan, agar masyarakat dapat menjaga pasar yang telah dibangun, karena dari beberapa fasilitas umum yang dibangun Pemko Sibolga jika lama tidak ditempati maka akan rusak. 

Terlebih lagi dalam program berikutnya, sebut Syarfi, setelah perumahan Rusunawa akan dibangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) dan tempat pendaratan ikan, sehingga pusat penjualan ikan tidak hanya di Jalan Balam, tetapi juga ada alternatif kedua, yaitu Panomboman. 

Untuk itu wali kota memerintahkan Disperindag untuk berkoordinasi dengan kepala pasar, lurah dan camat agar mendata pedagang yang memakai tempat tersebut, karena ini untuk kepentingan masyarakat. 

Wali Kota di kesempatan itu juga menutup secara resmi Pasar Murah menjelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Wilayah Kota Sibolga yang telah digelar sejak tanggal 15 Desember lalu. 

Dalam peresmian itu juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Dana CSR PT. Bank Sumut kepada 14 IKM melalui Dinas Perindag berupa Barang Peralatan senilai Rp.84.055.147,-. 

Kemudian penyerahan bantuan satu unit Kendaraan roda tiga senilai Rp.35.000.000,- dan 110 unit tempat sampah fiber senilai Rp.90.000.000,- kepada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kota Sibolga. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sibolga Agung Mariani Barus, ST selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, tujuan pembangunan Pasar Modern Nauli Sibolga adalah untuk meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat, konsumen sekaligus sebagai penggerak perekonomian daerah Kota Sibolga.

Seperti diketahui, kegiatan pasar murah menjelang Hari Raya Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 ini dilaksanakan di 9 (Sembilan) titik pada empat kecamatan se-Kota Sibolga. Sebanyak 3.278 kupon disalurkan dengan jenis komoditas yang dijual pada pasar murah, yakni 2 kg gula pasir Rp15.000, 1 kg kacang tanah kupas Rp21.000, 2 kg tepung terigu Rp15.000, 2 kaleng susu kental manis Rp15.000, 2 sachet mentega Rp9.000, 2 botol sirup Rp25.000,- dengan total Rp100.000,-/paket.

Pada kesempatan ini, Wali Kota beserta rombongan juga meninjau langsung lokasi Pasar Modern Nauli Sibolga. Sementara para pedagang yang terlihat mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker dan face shield menyambut hangat kunjungan wali kota.

Turut serta dalam kunjungan ini, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Wakil Ketua DPRD Jamil Zeb Tumori, SH, MAP, beserta beberapa Anggota DPRD, Kepala Bank Sumut Muhammad Fadhill, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, Para Asisten, Ketua Dharma Wanita Persatuan Masnah, SE, Perwakilan Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga. (sap) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Nusantara

Sumatera Utara

Iklan

Komunitas

Hiburan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR