13 Desember 2020

Bentengi Generasi Muda Dengan AlQur'an, Padang Panjang Gelar MTQ

PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com) — Guna melestarikan dan membumikan nilai-nilai AlQuran di masyarakat, Pemko Padang Panjang menggelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXIX, yang dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 16 Desember 2020.

Kegiatan MTQ Tingkat Kota Padang Panjang ini merupakan agenda rutin dua tahunan yang dibidangi Bagian Kesra Setdako. 

Kabag Kesra Setda, Ade Afdil S.Pd.I Datuak Bindurun menyebutkan, di era globalisasi ini nilai-nilai Qur'an tetap harus dipertahankan sebagai pedoman cara pikir dan berperilaku masyarakat.

"Kuatnya arus globalisasi dan keterbukaan informasi saat ini, harus disikapi secara arif bijaksana, dan AlQuran bisa menjadi benteng penapis bagi umat Islam dalam memilah dan memilih informasi yang bermanfaat," jelas Ade. 

Ia menambahkan, kegiatan MTQ ini diharapkan dapat menjadi sumber penyemangat untuk mewujudkan kejayaan Kota Padang Panjang. 

Pelaksanaan MTQ dalam masa pandemi COVID-19 menuntut perlu dilakukannya penyesuaian. Panitia menerapkan aturan sesuai dengan protokol kesehatan, terutama untuk pencegahan penularan COVID-19.  

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Agama dan Budaya, Suherdi, S.Ag berharap pelaksanaan MTQ ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, terutama bagi yang berdekatan dengan lokasi pelaksanaan MTQ. 

Lokasi pelaksanaan beberapa cabang MTQ yang diperlombakan diantaranya di Masjid Islamic Center untuk cabang Tilawah TK dan Anak-Anak serta Tilawah Remaja dan Dewasa. Di Masjid Nurul Furqan (cabang Tafsir Bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan cabang Tartil Dasar, Menengah dan Umum).  Di Masjid Ashliyah (Tahfizh 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah dan cabang Tahfizh 1 juz dan 5 juz Tilawah).  Lalu di Gedung M. Syafe'i untuk cabang Fahmil Qur'an.  Di Masjid Nurul Amri (Khutbah Jumat dan Adzan,  serta Kitab Standar). Di Komplek Kauman Muhammadiyah cabang Khattil Qur'an. Dan di Masjid Taqwa Ngalau cabang Syarhil Qur'an. 

Jumlah kafilah yang mengikuti MTQ kali ini sebanyak 108 orang kafilah dari Kecamatan Padang Panjang Timur, 88 kafilah dari Kecamatan Padang Panjang Barat, dan 155 kafilah dari LPTQ. Total berjumlah 351 orang kafilah. 

"MTQ Nasional ini sepenuhnya dibiayai APBD Tahun 2020, dan juga melibatkan Kementerian Agama Kota Padang Panjang serta unsur-unsur terkait lainnya," sebutnya. 

Yang tak kalah pentingnya, tambahnya, pelaksanaan MTQ kali ini diharapkan dapat menjadi momentum dalam melahirkan calon-calon kafilah yang akan berlaga pada MTQ tingkat Provinsi Sumbar tahun depan.

"Padang Panjang telah ditetapkan sebagai tuan rumah dalam ajang MTQ tingkat Sumbar  tahun depan. Sehingga target sukses pelaksanaan dan prestasi dapat terwujud nantinya," harapnya. (Kominfo /Setra)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan