14 November 2020

Pansus DPRD Kampar Apresiasi Pengembangan Perpustakaan Padang Panjang



PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com) — Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kampar, Provinsi Riau melakukan kunjungan studi banding Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Perpustakaan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang, Jum'at (13/11/2020).

Rombongan yang terdiri dari Ketua Pansus, Zumrotun, S.Sos, Wakil Ketua, IIB Nursaleh, S.Kom beserta tujuh orang anggota pansus diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST.

Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Kampar, Zumrotun, S.Sos dikesempatan itu menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari Perda Penyelenggaraan Perpustakaan dan beberapa inovasi program kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang.

"Dalam pembahasan perda penyelenggaraan perpustakaan, pansus melaksanakan kunjungan kerja atau referensi ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang. Sebab di sini sudah ada perdanya, dan sebagai rancangan kami ingin melihat dan mereferensi dari perda yang sudah ada," ujarnya

Dia menyebutkan, dipilihnya Kota Padang Panjang sebagai tempat kunjungan kerja sudah melalui beberapa pertimbangan. Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah, tetapi di Kota Padang Panjang ini lah yang bagus sekali artinya komitmen Walikota bersama dengan kepala Dinasnya atau kepala OPD memang sangat jelas.

"Apalagi Padang Panjang telah mendapatkan penghargaan Kota literasi dan satu-satunya di Sumatera. Untuk itulah kami hadir kemari karena perlu banyak belajar dari keberhasilan yang sudah diraih oleh Kota Padang Panjang," katanya.

Ditambahkannya, ke depan tentu pihaknya akan menyampaikan kepada dinas terkait di Kabupaten Kampar, dalam hal ini Dinas Pustaka dan Arsip setidaknya bisa mengikuti jejak yang sudah dibuat oleh Kota Padang Panjang," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST mengatakan, kunjungan pansus DPRD Kabupaten Kampar ini dalam rangka persiapan pembuatan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan, dan sekaligus studi banding tentang kondisi gedung perpustakaan karena Kabupaten Kampar juga akan membangun gedung Perpustakaan.

Dalam kunjungan tersebut, Alvi Sena menampilkan beberapa progres yang telah dilakukan oleh Dinas Pustaka dan Arsip sejak mulai dari tahun 2017 sampai tahun 2020 ini. Salah satunya tentang gerakan perpustakaan yang diantaranya bagaimana cara pemerintah memotivasi masyarakat untuk menumbuhkan taman baca, bagaimana cara memotivasi masyarakat untuk menggerakkan literasi, dan bisa menjadi masyarakat yang literan. 

"Jadi kita tampilkan gambar-gambar dalam pembinaan- pembinaan TBM di tengah masyarakat pada tempat-tempat keramaian, termasuk progres pertambahan anggaran dari 2017 sampai 2020," ungkapnya 

Menurut, tanggapan pansus DPRD Kampar sangat apresiasi sekali, dan menganggap memang kunjungan ke Padang Panjang merupakan kunjungan yang sangat tepat bagi pansus untuk bisa mengambil pengetahuan dalam pengembangan perpustakaan kedepannya. 

"Jadi, mereka sangat apresiasi sekali dengan apa yang telah kita lakukan selama ini," tutupnya. (Kominfo/Ki)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan