28 August 2020

Pemkab Pasaman Antisipasi Penyebaran Covid-19 Dengan Tes Usap Massal


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menggelar tes usap massal (Pool Swab Test) untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis menjelaskan, bahwa pelaksanaan tes swab kali ini menargetkan 1.000 an peserta yang digelar di tiga lokasi, Lubuksikaping, Bonjol dan Padang Gelugur.

"Pool Test Usap atau Swab massal ini dikuti oleh para ASN, TNI/Polri, perangkat Camat dan Walinagari serta tenaga pengajar se Pasaman. Hingga siang ini, sudah mencapai 625 orang, dari target 1.000 orang yang akan di swab di tiga lokasi itu. Ini adalah tes swab ke-29 kali yang kita gelar," terang dr Rahadian Suryanta Lubis, Kamis (27/8/2020) kemarin.

Dalam kegiatan tes usap massal ini kata dia Dinas Kesehatan setempat sedikitnya menerjunkan 75 orang personel tenaga kesehatan. Ia mengharapkan, hasil tes usap itu seluruhnya negatif.

"Nanti hasilnya akan langsung dikirim ke Labor FK Unand Padang. Mudah- mudahan dengan hasil tes ini, tidak ditemukan ada warga kita yang positif terpapar Covid-19," pintanya.

Namun, kata dr Ade, biasa ia disapa, jika ada yang positif, orang tersebut diminta untuk isolasi mandiri di rumah. Sedangkan bagi yang memiliki gejala akan diarahkan untuk menjalani karantina.

"Isolasi mandiri bisa dilakukan setiap ASN dan pegawai di rumah namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat," katanya.

Rahadian meminta masyarakat tidak takut mengikuti tes usap karena hasilnya bisa untuk mendeteksi secara dini penularan Covid-19. Jika positif, bisa diambil langkah antisipasi sehingga virusnya tidak semakin menyebar.

"Masyarakat jangan takut, apalagi takut sakit, ini tidak sakit. Proses tes kurang dari lima menit dan hasilnya sangat berguna sebagai deteksi dini keberadaan virus corona dalam tubuh sehingga bisa diantisipasi," katanya.
(Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER