30 Juli 2020

Tahun Ini Bupati Hendrajoni Serahkan Delapan Sapi Kurban


PESSEL, (GemaMedianet.com— Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Hendrajoni, menyalurkan delapan ekor sapi kurban pada hari raya Idul Adha tahun 1441 H/2020.

Kedelapan sapi tersebut diserahkan kepada Masjid Al Imam Koto Baru, Amar Maruf Lakitan, Nurul Jihat Pauh, Kecamatan Lengayang,  Nurul Iman Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan, Baiturahman Puluik Puluik, Kecamatan Ampek Nagari Bayang Utara,  Masjid Khairul Amal Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, serta kepada panitia kurban Simpang Tiga Amping Parak, dan Masjid Baiturahmah Bukit Tapus Nagari Pondok Parian Kecamatan Lunang.

Delapan sapi kurban yang disalurkan kepada panitia dan pengurus masjid itu merupakan sapi lokal dengan berbagai jenis, termasuk juga sapi asli pasisia sendiri. 

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, usai menyerahkan sapi kurban,  di Masjid Al Iman Koto Baru, Kamis (30/7/2020) menyampaikan ajakannya kepada umat Muslim yang memiliki kemampuan agar mau berkurban di saat Hari Raya Idul Adha ini. 

"Sebab berkurban selain bertujuan berbagi kebahagian dengan orang yang tidak mampu atau miskin, juga memiliki makna membuang sifat-sifat yang tidak baik bagi kita sebagai manusia," katanya. 

Disampaikan pula bahwa pada masa pendemi Covid-19 saat ini, jumlah hewan (sapi red) yang dikurbankan di daerah itu sedikit mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

"Hal itu memang disebabkan oleh kondisi perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19. Saya berharap kondisi ini bisa segera pulih seperti semula agar geliat ekonomi masyarakat disegala sektor kembali normal seperti biasa," ujarnya. 

Sementara itu, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Yoli Aang Syofria, S.STP, MSc, mengemukakan, tahun ini jumlah hewan qurban di Kabupaten Pesisir Selatan, sebanyak 3.485 ekor, terdiri dari, 3384 ekor sapi, 14 ekor kerbau dan 87 ekor  kambing.

"Mudah mudahan tahun depan jumlah hewan yang diqurbankan umat Islam semakin bertambah,"harapnya.

Ketua Masjid Al Imam Koto Baru, Darwin, dengan didampingi sekretaris, Hendra, menjelaskan bahwa di masjid itu jumlah sapi yang akan dikurbankan pada hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah ini sebanyak 21 ekor. 

"Salah satunya adalah sapi kurban yang berasal dari keluarga Bupati Hendrajoni, sebagaimana diserahkan tadi," timpalnya.

Dalam kesempatan itu, masyarakat mengucapkan terima kasih, kepada bupati atas kepeduliannya. (doni) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan