01 July 2020

Sapi Qurban Terbaik Bantuan Keenam Presiden Joko Widodo Berasal Dari Kota Solok


PADANG, (GemaMedianet.com— Untuk keenam kalinya Sumatera Barat bersama 34 provinsi se Indonesia kembali menerima bantuan Sapi Qurban dari Presiden Joko Widodo.

Bantuan Sapi Qurban tahun 1441 H/2020 M dari Presiden Joko Widodo ini merupakan Sapi terbaik di Sumatera Barat. Sapi Qurban itu kali ini berasal dari Kota Solok.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Provinsi Sumatera Barat, Drh.M.Kamil, MP
menyebutkan, verifikasi Sapi bantuan hewan qurban dari presiden tersebut dilakukan oleh masing-masing pemerintah provinsi melalui dinas peternakan dan kesehatan hewan (Disnak Keswan) setempat.

"Verifikasi Sapi untuk usulan hewan qurban bantuan dari Presiden Joko Widodo yang dilakukan Disnak Keswan ini, pada prinsipnya merupakan Sapi yang terbaik di Sumatera Barat," tutur M.Kamil, MP yang juga menjabat Sekretaris Disnak Keswan pada pertemuan Pakan Rabaa sesi pojok informasi  besutan bidang bina usaha dan kelembagaan, Rabu (1/7/2020).

M Kamil mengatakan, untuk mendapatkan Sapi terbaik di Sumatera Barat itu beberapa tahapan pemeriksaaan dan pengawasan dilakukan oleh Disnak Keswan.

Meski demikian, sebutnya, di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini ada yang berbeda ketika  pemeriksaan dan pengawasan terhadap usulan Sapi Qurban bantuan Presiden Joko Widodo tersebut.

"Selain terbaik dari sisi performance dan bobot, maka yang terpenting lagi adalah jaminan kesehatan hewan qurban tersebut," tukasnya.

Menurut M Kamil, ada beberapa prosedur yang penting dilakukan. untuk mendapatkan jaminan kesehatan hewan qurban tersebut. Diantaranya dalam bentuk surat keterangan kesehatan hewan bebas penyakit Zoonosis.


Sekaitan prosedur itu, maka untuk tahun 2020 ini ada dua calon Sapi yang akan menjadi Sapi Qurban Bantuan dari Presiden Joko Widodo. Kemungkinan besar, pilihan jatuh pada Sapi Qurban asal Kota Solok.

"Pilihan pertama dari Kota Solok dengan berat 1 Ton 60 kilogram, dan kedua berasal dari Kabupaten Tabah Datar dengan berat juga lebih dari 1 ton," ungkapnya.

Terkait persiapan pemotongan Sapi Qurban Bantuan Presiden tersebut, lanjut M Kamil, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Biro Bina Mental Setdaprov bersama Kanwil Kemenag, pengurus Masjid Raya Sumbar dan Dinas Sosial, maka pemotongan Sapi Qurban Bantuan Presiden akan dilakukan di komplek Masjid Raya Sumbar.

"Lokasi ini dipilih karena Masjid Raya Sumbar merupakan icon, dan sepanjang tahun hanya melakukan pemotongan Sapi Qurban yang berasal dari bantuan Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Sementara untuk pendistribusian daging Sapi Qurban yang diperkirakan sebanyak 600-650 kantong itu, panitia akan membagikannya kepada masyarakat sekitar masjid, Panti Asuhan, pondok pesantren dan sebagainya.

"Harapannya nanti mulai dari pemotongan dan pembagian daging hewan qurban dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, " pungkasnya.

Turut hadir pada sesi pojok informasi Pakan Rabaa yang dimoderatori Kepala Bidang Bina Usaha dan Kelembagaan Afrizal Arman, S.Pt, MP tersebut yakni  Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat, Veteriner (Kesmavet) Drh Zed Abbas, Kepala Bidang Produksi dan Teknologi Darmayanti, S.Pt, Kepala Seksi Informasi Yendri dan sejumlah staf bidang-bidang.
(UK1)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER