18 Juni 2020

Rumah Penerima Bansos PKH dan BPNT di Sungai Batang Dilabel Khusus


AGAM, (GemaMedianet.com Sebanyak 233 rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos) PKH maupun BPNT atau sembako di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam diberi label khusus. Hal itu dilakukan agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dan mengantisipasi terjadinya tumpang tindih dalam pembagian.

Pemberian label khusus bertuliskan "Keluarga Pra Sejahtera Penerima Bantuan PKH - Sembako (BPNT)" itu dilakukan oleh perangkat Nagari, didampingi unsur Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya, dan pendamping PKH dengan menggunakan media cat warna merah dan ditempel di dinding rumah masing-masing KPM.

Menurut Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tanjung Raya, Miswarni, pemberian label ke rumah masing-masing KPM ini merupakan bentuk perbedaan antara penerima bansos dengan yang tidak. Selain itu, kegiatan ini merupakan amanah dari Kementerian Sosial RI, dan salah satu bentuk transparansi pemerintah dalam penyaluran bantuan.

"Untuk di Sungai Batang hari ini ada tiga jorong yang melakukan pelabelan, yaitu Jorong Data Kampuang Dadok, Jorong Batu Ajung, dan Jorong Tanjung Sani. Sementara Jorong lainnya kita masih menunggu jadwal dari Walijorong masing-masing dalam pelaksanaan pelabelan," ujar Miswarni saat  mendampingi pelabelan itu, Kamis (18/6/2020).

Dikatakan Miswarni, sebelum melakukan pelabelan, Walijorong masing-masing sudah melakukan koordinasi dengan pemilik rumah agar para KPM tersebut berada di rumah saat petugas melakukan pelabelan. 

Disebutkannya, bagi KPM yang merasa keberatan atau melakukan penolakan terhadap pelabelan, artinya keluarga mereka sudah mampu dan data sebagai penerima PKH atau BPNT akan dicabut.

Sementara itu salah seorang Pendamping PKH Tanjung Raya, Khairunnisa menambahkan, pelabelan ini merupakan sanksi sosial terhadap KPM yang tidak merasa miskin.

"Misalnya kalau keluarga mereka itu sudah sejahtera, artinya mereka malu dengan adanya pelabelan ini dan secara otomatis mengundurkan diri sebagai penerima bansos PKH maupun BPNT," jelasnya. (Bryan)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan