29 Mei 2020

PSBB Sumbar Resmi Diperpanjang Hingga 7 Juni, Minus Bukittinggi


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) resmi memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir 29 Mei 2020. PSSB selanjutnya diperpanjang selama 9 hari, mulai 30 Mei hingga 7 Juni 2020.
Dari 18 kabupaten/kota se Sumbar menyetujui PSBB diperpanjang hingga 7 Juni, kecuali Kota Bukittinggi masuk tatanan "New Normal".

Hal itu mengemuka saat digelarnya video conference (vicon) antara Gubernur Sumatera Barat dengan Bupati/Walikota se Provinsi Sumatera Barat terkait evaluasi PSBB tahap II , Kamis (28/5/2020). 

"Perpanjangan PSBB ini merujuk pada aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang memperpanjang masa larangan mudik Lebaran 2020 dari semula hingga 31 Mei 2020 menjadi sampai 7 Juni 2020," jelas Irwan didampingi undur Forkopimda Sumbar. 

Lebih jauh jelaskannya, dalam pelaksanaan PSSB tahap ketiga, ada empat penekanan. Pertama, melakukan tahap-tahap persiapan menuju New Normal dengan melakukan pengurangan pembatasan-pembatasan yang ada di PSBB, sesuai aturan Kemendagri Nomor 380 Tahun 2020.

Kedua, mendisiplinkan masyarakat untuk ikut protokol covid-19 sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Kapolri, Panglima TNI, dan diteruskan kepada Kapolda dan Danrem.

“Harus sesuai dengan arahan Presiden Jokowi kepada TNI-POLRI untuk ikut mendisiplinkan masyarakat pada beberapa titik keramaian,” ucapnya.

Ketiga, melakukan persiapan maksimal untuk sistem kesehatan, rumah sakit, laboratorium dengan melakukan testing maksimal, tracing, isolasi dan treatment perawatan. 

“Kita harus mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan semaksimal mungkin,” ujarnya.

keempat, Provinsi memberikan dukungan kepada kabupaten/kota yang ingin melaksanakan new normal sesuai aturan dari Kemenkes RI.

Irwan menyebut, PSSB tahap ketiga hanya diikuti oleh 18 kabupaten/kota di Sumatera Barat minus Kota Bukittinggi, karena sudah masuk wilayah bebas Covid-19. 

"Saya berharap, PSBB tahap ketiga ini akan berjalan lebih efektif dan optimal lagi dibanding PSBB sebelumnya. Maka itu kita sampaikan kepada seluruh elemen dan masyarakat di Sumbar, mari kita sama-sama mendukung pelaksanaan PSBB agar berjalan lancar," jelasnya. (uki) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan