31 January 2020

Sertijab Walinagari Baru Kacang Bertabur Pujian, HendRA – MAHyuzil Apresiasi dan Doakan Andrian


KAB.SOLOK, (GemaMedianet.com— Lepas sambut dan serah terima Jabatan Walinagari lama ke Walinagari baru Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak, Sumatera Barat, Jum'at (31/1/2020) yang dirayakan dalam nuansa Alek (pesta) Nagari oleh ratusan warga, menggambarkan kesan menarik.

Seperti pesta pada sertijab walingari- walinagari sebelumnya di Kabupaten Solok.  Alek Nagari Kacang ini juga tidak kalah meriahnya, bahkan terkesan lebih “Semarak”.  Pesta itu merupakan salah satu wujud kemenangan masyarakat terhadap daerahnya.

“Selamat bekerja dan selamat mengemban tugas. Kami percaya bahwa Bapak Andrian adalah pemimpin yang amanah dan mayoritas masyarakat Nagari Kacang mengagumi beliau,” sebut Tokoh Masyarakat, Mai Defridal singkat.

Jauh sebelum terpilih sebagai Walinagari, Andrian dikenal dengan kepribadian religius. Sifatnya yang selalu memakmurkan masjid, ibarat sebuah pakaian melekat pada diri Andrian. 

"Saya dan warga lainnya sangat bersyukur, sekaligus ikut merasa bahagia seperti halnya kebahagiaan yang dirasakan beliau," ujar Ketua Pemuda yang akrab disapa Yasri.

Dari hasil wawancara singkat awak media kepada beberapa orang warga terhadap Andrian. Pendapat mereka menyebutkan banyak kesamaan. Selain memiliki kecerdasan, kepribadian Andrian yang menonjol nan dinilai masyarakat Kacang ialah “Ketaatannya dalam beribadah”. Salah satunya, selalu mengikuti kegiatan zikir, muhasabah dan salawat yang dilaksanakan secara rutin oleh Buya H. Mahyuzil di Masjid.

Melakukan berbagai aktifitas ibadah dan beri’tikaf, merupakan bentuk lain rutinitas Andrian dalam memakmurkan masjid. Kedekatan Andrian dengan masyarakatnya, seakan tak berjarak.

Nah, inilah sederetan kecil kepribadian religi yang disampaikan beberapa orang warga kepada awak media.

Usai Sholat Jumat, Buya H. Mahyuzil Rahmat S.Ag yang juga Bakal Calon Wakil Bupati Solok memanjatkan doa dan dengan rasa bangga menyampaikan apresiasinya. Walaupun beberapa hari sebelum sertijab, Buya Mahyuzil telah mengucapkan untaian bahagia dan doa-doanya secara langsung kepada Andrian. Namun sekali lagi, kembali disampaikannya melalui media ini.

Dengan wajah terlihat ceria, Buya Mahyuzil menuturkan, sebagai kerabat baik Andrian, silahturahmi dirinya dengan Adrian memang sudah terjalin lama dan serasa saudara dekat. Kecerdasan dan kepiawaiannya di dunia politik, ketaatannya dalam beribadah menjadikan dirinya dikagumi masyarakat.


Masyarakat Nagari Kacang sangat mentauladani sesuatu yang baik, dan cepat membuang hal-hal yang buruk. Sehingga dalam kehidupan di sosial masyarakatnya, sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Agama dan Adat Istiadat.

"Apa yang terjadi di alam nagarinya dijadikan sebagai guru bagi kehidupan Alam yang terkembang di hadapan mereka (masyarakat Nagari Kacang)," papar Buya Mahyuzil.

Sebenarnya, cukup banyak kebahagiaan tersendiri yang dirasakan Buya Mahyuzil dan musti sampaikan. Namun tak bisa disebutkan satu per satu. Sungguh pun demikian Buya Mahyuzil memiliki harapan besar terhadap Adrian. 

“Semoga saudara saya Andrian diberikan kekuatan, kemudahan dan ke lapangan jalannya oleh Allah SWT dalam memimpin Nagari Kacang,” tutur Buya H. Mahyuzil Rahmat, S.Ag, mendoakannya.

Bakal Calon Bupati Solok, Hendra Saputra SH, M.Si, yang juga Birokrat Muda kebanggaan Rang Kabupaten Solok menyampaikan hal yang sama.

“Mudah mudahan di enam tahun masa kepemimpinan Walinagari baru Nagari Kacang, dimudahkan Allah dalam meningkatkan taraf perekonomian melalui program-program unggulannya,” sebut Hendra.

Birokrat Muda ini juga mendoakan, semoga masyarakat Nagari Kacang selalu mendukung program pemerintahan Nagari dan saling bekerjasama untuk kemajuan Nagari kedepannya.

Mudah mudahan lagi, kata Hendra, Adrian mampu meningkatkan semua potensi yang ada bersama masyarakatnya. Ibarat kata pitatah urang tuo terdahulu “Ka mudiak sa antak galah, ka hilia sarangkuah dayuang. Tatungkuik samo makan tanah, tatilantang samo minum aia. Maukua samo panjang, mambilai samo laweh. Maminteh sabalun anyuik, malantai sabalun lapuak”

Bahu membahu, sakit senang seorang pemimpin bersama masyarakatnya dalam membangun Nagari merupakan kolaborasi yang musti terus diberdayakan di Nagari Kacang ini. 

"Semoga kedepannya, kebersamaan untuk terus membangun Nagari menjadi kekuatan tambahan bagi masyarakat Kacang," tutup Hendra Saputra, Bakal Calon Bupati Solok ini, mengapresiasi dan mendoakan Walinagari baru, Andrian. (TIM)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER