07 Mei 2024

Ajang Talenta Siswa SMK Tingkat Kota Padang 2024 Dibuka di SMKN 5 Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) I Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Kota Padang Tahun ini kembali digelar. Pembukaan kompetisi untuk mengasah karakter positif, produktif serta kreatif siswa itu  dilaksanakan di SMKN 5 Padang.

Kepala SMKN 5 Padang Rizka Fauzi Yosfi ketika dikonfirmasi membenarkan pelaksanaan agenda rutin tahunan ini dilaksanakan di sekolah yang ia pimpin, Selasa (7/5/2024).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, 7-8 Mei tersebut diikuti ratusan siswa perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta yang nantinya digelar di 6 SMK di Kota Padang.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar yang diwakili oleh Kabid PSMK, Dr, Ariswan membuka LKS SMK ke-32 Tingkat Kota Padang tahun 2024 didampingi Kepala SMKN 5 Padang Rizka Fauzi Yosfi dan Kepala MKKS SMKN Kota Padang Deta Mahendra.

Disebutkannya, LKS SMK adalah sebuah ajang talenta di bidang riset dan inovasi yang diselenggarakan untuk peserta didik SMK. Ajang LKS diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Dikatakan, tahun lalu Kota Padang mempunyai prestasi yaitu Juara Umum LKS tingkat Sumbar, dan kalau bisa tahun ini prestasi Kota Padang harus  dipertahankan.

"Karenanya Lomba LKS tingkat kota Padang harus berstandar nasional dan harus lebih dari tahun lalu, sebab persaingannya sangat  luar biasa,” ujarnya.

Ariswan mengatakan, kualitas kompetensi SMK saat ini harus dipacu dan  berorientasi sesuai dengan kebutuhan di lapangan, sehingga  menghasilkan Bagaimana sumber daya manusia yang cerdas berkualitas unggul dan kompetitif. Sebab dunia saat ini sudah semakin berubah jauh, dan  semakin sistemik serta digital.

“Bahwa pendidikan vokasi adalah prioritas untuk bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih banyak dan lebih tinggi, yang pada akhirnya mempercepat perkembangan ekonomi di Indonesia khususnya di Sumatera Barat,” tuturnya.

Dalam upaya menciptakan siswa-siswa unggul secara kompetensi, Dinas Pendidikan tidak tinggal diam. Mereka akan memberikan apresiasi khusus kepada para siswa, salah satunya melalui penyerapan tenaga industri secara langsung, membuka jalur prestasi bagi juara LKS. 

“Kami ingin siswa-siswa ini terhubung langsung dengan dunia kerja. Setiap juara akan kita salurkan ke industri untuk memberikan manfaat yang langsung terasa,” terangnya.

Ariswan tak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada panitia yang sudah mengangkat acara lomba, dan harapannya para juara nantinya dapat mewakili kota Padang dalam lomba LKS tingkat Sumbar

“Saya berterima kasih sekali kepada panitia, dan semoga para juara yang nantinya dapat mewakili kota Padang dalam lomba LKS tingkat Sumbar nanti dan meraih juara,” pungkasnya

Sementara Ketua MKKS SMK Kota Padang Deta Mahendra yakin lomba LKS ke-32 ini akan melahirkan siswa-siswa berprestasi yang memiliki keterampilan  bagus, dan siap pula untuk mengharumkan nama Kota Padang di panggung Sumbar maupun nasional. 

“Kita berharap skill-skill yang dimiliki siswa SMK Kota Padang ini bisa menghasilkan juara satu di tingkat Sumbar dan menjadi ahli sejati dalam bidangnya,” ujar Kepala SMKN 6 Padang ini.

Lomba LKS SMK Tingkat Kota Padang berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 15 SMK se Kota Padang dengan mengikuti 17 cabang lomba.

Lomba dilaksanakan di SMKN 5 Padang, SMKN 1 Padang, SMKN 1 Sumbar, SMKN 6, SMKN 9 dan SMK Robotik UNP. Sedangkan juri dalam lomba ini berasal dari dunia industri dan akademisi.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan