08 April 2024

Padang Kembali Raih Opini WTP, Untuk Ke-11 Kalinya




PADANG, (GemaMedianet.com) I Jelang akhir masa jabatan, Wali Kota Padang Hendri Septa berhasil mempersembahkan kado terindah bagi Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Kado itu adalah mengantarkan Kota Padang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar untuk yang ke-11 kalinya.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023 ini pun, diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumbar Arif Agus di Kantor BPK setempat, Jumat (5/4/2024).

Seperti diketahui, status WTP ini adalah opini tertinggi atas audit laporan keuangan daerah yang sudah diraih Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Kali ini merupakan yang ke sebelas kalinya dengan sepuluh kali diraih secara berturut-turut sejak tahun anggaran 2014.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, predikat WTP yang diterima merupakan bentuk kualitas dan akuntabilitas kinerja Pemko Padang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Padang.

"Saya berterima kasih sekali kepada seluruh unsur pimpinan dan ASN Pemko Padang yang selalu menjaga laju pelaporan keuangan Pemko Padang. Begitu juga kepada Tim Pemeriksa BPK Perwakilan Sumbar yang telah banyak memberikan masukan dan perbaikan, sehingga LKPD Kota Padang selalu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Insya Allah capaian ini akan terus kita pertahankan," ujar Hendri Septa. 

Menurut Wali Kota milenial itu, WTP yang diraih bukanlah sebuah hadiah, karena untuk mendapatkannya butuh perjuangan dan pengelolaan keuangan daerah yang baik, sesuai dengan akuntabilitas maupun kepatuhan pada aturan perundang-undangan.

"Alhamdulillah, saya bersyukur sekali di penghujung jabatan saya yang habis 13 Mei 2024 nanti, bisa mempersembahkan opini WTP untuk Kota Padang," pungkasnya dengan wajah gembira.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Sumbar Arif Agus mengatakan, pemberian opini WTP ini menunjukkan komitmen yang kuat dilihatkan pemerintah daerah bersama DPRD dalam menjalankan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik. 

"Selamat bagi Kota Padang, Sawahlunto dan Payakumbuh yang sama-sama meraih opini WTP di kesempatan ini. Semoga terus konsisten," imbuhnya. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan