01 Mei 2023

Mubes II IKA SMPN 8 Padang Angkatan 93 Lanjutkan Program Green School dan Peduli Anak Panti Asuhan


PADANG(GemaMedianet.com| Ikatan Alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Padang Angkatan 93 (IKA 893) akan melanjutkan Program Green School dan Peduli Anak Panti Asuhan pada kepengurusan baru periode tahun 2023 –2028. 

Kepengurusan baru tersebut dikukuhkan dalam Musyawarah Besar (Mubes) dan Halalbihalal 1444 Hijriah yang digelar di Gedung SMPN 8 Padang, Jalan Andam Dewi No.93, Sawahan Timur, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa, 25 April 2023. 

Eka Fitrianto, ST, MT kembali terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) IKA 893 untuk Periode 2023–2028. Sebelumnya, Eka Fitrianto menjabat Ketum IKA 893 Periode 2021–2023.

Saat diwawancarai pada Senin (1/5/2023) Eka Fitrianto mengatakan, berbagai kegiatan telah dilakukan IKA 893, akhir tahun 2022 lalu mereka mengadakan family gathering. Pada kegiatan tersebut mereka menyumbangkan 2 truk timbunan, 100 bibit pohon pelindung, dan 50 bibit Pinang untuk sekolah. 

“Sumbangan IKA 893 berkonsep green school, sejalan dengan yang dicanangkan oleh Pemerintah, juga untuk mendukung program dari Kepala Sekolah. Ini sudah kami wujudkan. Pihak Sekolah sangat antusias mengapresiasi kegiatan kami. Apalagi angkatan kami merupakan pencetus pertama sumbangan berupa tanah timbunan yang akhirnya juga diikuti oleh angkatan-angkatan lainnya,” kata Eka Fitrianto.

Kepala Sekolah SMPN 8 Padang Ratnawati, S.Pd. yang ikut menghadiri Halalbihalal 1444 H IKA 893 mengapresiasi sumbangan tanah timbunan, bibit pohon, dan bibit pinang dari IKA 893. Karena mereka bukan hanya menanam pohon, tetapi pohon yang juga bisa berbuah, kelak bermanfaat bagi para siswa SMPN 8 Padang. Kalau pohonnya berbuah semua, mereka bisa menikmatinya. 

Seperti dikatakan oleh Ratnawati, dengan rutinnya para alumni datang, mereka jadi tahu kekurangan-kekurangan yang perlu untuk dibenahi sekolah. Seperti sumbagan timbunan sebanyak 20 truk yang telah diberikan oleh para alumni dari berbagai angkatan. Sehingga lahan kosong yang ada di areal sekolah, sekarang bisa dimanfaatkan jadi lapangan olahraga.

Ratnawati juga mengatakan sangat mendukung Mubes II dan Halalbihalal 1444 H yang diadakan oleh IKA 893. Kesuksesan sebuah sekolah tidak lepas dari peran dari komite, masyarakat, para orang tua siswa, dan tentunya juga para alumni. 

"IKA 893 sangat bersinergi dengan sekolah, mereka juga men-support adek-adek mereka yang berada di sekolah ini. Mereka sudah banyak yang sukses, dan bisa jadi contoh bagi adek-adek mereka," kata Ratnawati.

Pada kepemimpinan periode ke duanya, Eka Fitrianto juga akan melanjutkan program Jumat Barakah (Jumbah) yang sudah mereka jalankan pada periode sebelumnya. Kegiatan Jumbah tersebut untuk menyalurkan sumbangan dari para alumni berupa nasi kotak dan sembako kepada beberapa panti asuhan dan anak-anak jalanan di Kota Padang. Selain itu program sosial untuk para alumninya sendiri juga akan terus dilakukan. 

Eka Fitrianto juga mengatakan bahwa para peserta Mubes II IKA 893 berhasil menyepakati pimpinan sidang, serta merevisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Kemudian memilih Ketum dan menetapkan sekaligus mengukuhkannya.

Adapun AD dan ART IKA 893 yang direvisi melalui Mubes II tersebut, yaitu; periode kepengurusan yang biasanya dua tahun menjadi lima tahun. Kemudian, Dewan Penasihat berganti nama menjadi Dewan Pertimbangan, dan juga ada Dewan Pembina dari Kepala Sekolah langsung. Santunan yang diberikan kepada alumni yang sakit atau meninggal yang biasanya diberikan Rp150 ribu dinaikkan menjadi Rp200 ribu. Iuran per bulannya Rp10 ribu. 

IKA 893 memiliki visi untuk mewujudkan alumni 893 yang berdaya guna dan bermanfaat bersama bagi Alumni SMPN 8 Padang Angkatan 93. Dengan misi menjadikan organisasi IKA 893 sebagai wadah aspirasi dan silaturahmi yang solid dari dan untuk alumni 893 dengan prinsip kebaikan, kebersamaan, kebermanfaatan, dan berkeadilan. 

"Bidang-bidang yang menjadi program kerja IKA 893 untuk kepengurusan periode 2023-2028 yaitu Sistem Informasi & Data, Humas, Sosial, Kerohanian, Kesehatan, dan Olahraga & Kesenian," kata Eka Fitrianto.

Lebih lanjut, Eka Fitrianto mengatakan IKA 893 sudah mulai terbentuk sejak tahun 2011. Untuk AD dan ART baru ditetapkan saat Mubes I pada tahun 2021.

Alumni SMPN 8 Padang angkatan 93 ada sekitar 300 orang, yang sudah terdaftar di grup 170 orang. Sebanyak 110 orang yang ikut berpartisipasi pada Mubes II dan Halal Bihalal 1444 H IKA 893.

"Mereka yang aktif, sangat antusias dan postif sekali responnya pada IKA 893. Bahkan, kawan-kawan dari rantau pada momen Idul Fitri 1444 H ini sengaja pulang kampung untuk dapat bertemu dan bercengkerama dengan sesama alumni di acara kita ini," kata Eka Fitrianto.

Eka Fitrianto berharap kepada para alumni SMPN 8 Padang angkatan 93 yang belum bisa menghadiri kegiatan tersebut agar bisa ikut hadir pada kegiatan selanjutnya. IKA 893 secara rutin setiap tahunnya akan menggelar acara berbuka bersama dan halalbihalal.

Ketua Pelaksana Mubes II dan Halalbihalal 1444 H IKA 893 Rafly Sony mengatakan, acara tesebut juga turut dimeriahkan oleh Permainan KIM, salah satu kesenian di Sumatera Barat. KIM tersebut dibawakan oleh Tris Chandra yang popular dengan nama Malin Tirih, salah seorang penyanyi dan komedian ternama di Sumatera Barat yang juga menjadi Master of Ceremony pada kegiatan tersebut.

KIM yang digelar IKA 893 pada kegiatan tersebut total hadiahnya senilai Rp 10 juta lebih, berupa sepeda, televisi layar datar 28 inchi, kompor gas, mas antam 1 gram, magiccom, dispenser, dan lainnya. Ada sekitar 50 item hadiah disediakan panitia.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada para alumni SMPN 8 Padang angkatan 93 dan pihak sekolah atas partsipasi dan dukungan yang diberikan untuk Mubes II dan Halalbihalal 1444 H IKA 893, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata Rafly Sony.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

eqmap

SUMATERA UTARA

POLDA SUMBAR


Galeri Iklan

KOMUNITAS

JMSI

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

The Wedding Of

The Wedding Of

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views




Terkini



HISTORIA



Opini


Rantau



FACEBOOK - TWEETER



BUMN




Adv