03 April 2023

Gempa Mag 6,1 Guncang Padang Sidempuan, Getarannya Terasa Hingga ke Padang



PADANG, (GemaMedianet.com| Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,1 SR mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut) pada Senin, 3 April 2023 pukul 21.59 WIB.

Gempa Mag : 6.1, 03-Apr-2023 21:59:45WIB, Lok:0.91LU, 98.79BT (74 km BaratDaya  Kedlmn:72 Km dikutip dari akun resmi Info BMKG, Senin (3/4/2023).

Gempa tersebut terjadi pada pukul 21.59 WIB. Pusat gempa berada di 74 kilometer Barat Daya Padang Sidempuan.

Kekuatan gempa tersebut terasa sampai ke Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Seperti diungkapkan Diva, salah seorang warga Kota Padang yang merasakan gempa cukup kuat tersebut. 

“Saya sedang duduk, tiba-tiba terasa ada goncangan gempa yang cukup kuat dan lama,” ujar Diva, yang juga mengaku sempat bergegas keluar dari rumah akibat was-was guncangan gempa tersebut.

Sementara itu, BMKG menjelaskan, bahwa informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

Berikut data lengkap laporan gempa dari Info BMKG:

Gempa Mag:6.1, 03-Apr-2023 21:59:45WIB, Lok:0.91LU, 98.79BT (74 km BaratDaya  Kedlmn:72 Km dikutip dari akun resmi Info BMKG, Senin (3/4/2023).

Kendati demikian, BMKG memberikan beberapa tips saat gempa terjadi.

(1). Tetap tenang

Saat gempa terjadi, berusahalah untuk tidak panik, dan tetap tenang. Tarik napas dalam-dalamnya, lalu lihatlah keadaan sekitar dan pilihlah tempat yang aman untuk berlindung.

(2). Di dalam rumah

Jika pada saat gempa sedang berada di dalam penginapan, berusahalah menyelamatkan diri dan orang yang ada di sekitarmu.

Berlindung di bawah meja adalah tempat terbaik untuk melindungi diri dari benda-benda yang berjatuhan akibat gempa.

Setelah itu, lindungi kepala dengan benda empuk. Misalnya bantal, helm, papan, atau yang paling praktis kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.

(3). Di luar ruangan

Jika pada saat gempa terjadi kamu sedang berada di luar ruangan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah bergerak menjauhi gedung dan tiang lantas menuju daerah terbuka. Tetap tenang dengan menarik napas dalam-dalam dan jangan lakukan apapun.

(4). Di kerumunan

Jika saat itu kamu sedang berada di kerumunan, biasanya akan terjadi kepanikan.

Untuk mengindari hal tersebut kamu bisa perhatikan arahan petugas penyelamat dan usahakan langsung menuju ke tangga darurat untuk menuju ke daerah terbuka.

(5). Di gunung atau dataran tinggi

Jika gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, bergeraklah menuju daerah lapang untuk berlindung. Hindari daerah dekat lereng karena ada kemungkinan akan menimbulkan longsor dan mengancam keselamatan jiwa.

(6). Di laut

Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

(7). Di dalam kendaraan

Bagi yang sedang melakukan perjalanan saat terjadi gempa, berpeganglah erat agar tak terjatuh. Berhentilah di tempat yang lapang dan berhentilah di sana.

(em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan