12 Februari 2023

Mario Syah Johan Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023, Simak Harapannya



SOLSEL(GemaMedianet.com| Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang juga Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Mario Syah Johan, menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2023.

Seperti diketahui, pada puncak peringatan HPN Tahun 2023 ini  digelar di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Mario Syah Johan menyebutkan, Pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang menjadikan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan tegaknya demokrasi melalui kebebasan pers.

"Saya secara pribadi dan anggota DPRD mengucapkan selamat Hari Pers Nasional,” ucap Anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar ini saat dikonfirmasi GemaMedianet.com kemarin.

Menurutnya, Pers sesuai fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial sangatlah berperan penting bagi negeri ini, terutama dalam tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah masyarakat Solok Selatan di gedung DPRD Sumbar.

"Insan pers hingga saat ini sudah memberikan kontribusi pemberitaan yang baik, sebab selain menjadi penyambung antara DPRD kepada masyarakat juga sebagai sumber informasi akurat," ujar Anggota Komisi V DPRD Sumbar membidangi kesejahteraan rakyat ini.

Oleh karena itu, lanjutnya, sangatlah tepat jika pada peringatan HPN Tahun 2023 ini mengangkat tema "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat". Mario berharap dengan kebebasan pers, maka pemberitaan dari awak media bisa semakin mengedukasi masyarakat secara demokrasi dan bermartabat.

Masih menurut Mario, pers itu selain pilar juga menjadi penyampai informasi, aspirasi, sebagai mitra, termasuk memberikan masukan dan kritik, sekaligus memberi ruang bagi partisipasi publik dengan jangkauan dan tingkat aksesibilitas yang luas, mempunyai peran strategis untuk membentuk opini publik sebagai dinamisator sosial sekaligus ekselerator perubahan.

Dengan peringatan Hari Pers Nasional ini, Mario berharapan, bahwa insan pers semakin bisa memberikan informasi-informasi yang akurat, cepat dan terpercaya.

"Terlebih di era digital ini, tentunya kecepatan dan kekuatan berita yang sampai kemasyarakat akan sangat membantu untuk mendapatkan informasi-informasi penting,” kata Tokoh Milenial Solok Selatan ini.

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan (dapil) VII meliputi Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Kabupaten Solok dan Kota Solok ini juga menekankan, semua pers di Provinsi Sumbar untuk selalu bisa mengedepankan informasi-informasi yang akurat dan aktual.

"Insan pers mempunyai kedudukan strategis dalam industri media, baik dalam memberi warna dan corak pemberitaan, maupun dalam merekonstruksi persepsi dan opini publik yang dibangun dari sumber informasi berkualitas dan dapat dipercaya, yang pada gilirannya akan mendorong terwujudnya masyarakat melek informasi," tukas Mario seraya mengucapkan selamat hari pers juga kepada teman-teman pers di Provinsi Sumbar.

Terakhir, Mario juga berharapan, pers terus menjadi pengawal pembangunan.

"Dengan keterbukaan informasi saat ini juga akan berpengaruh kepada kualitas pelayanan publik dan pelaksanaan pembangunan yang merata sesuai dengan potensi masing-masing kabupaten/kota di seluruh Provinsi Sumbar," tegas tokoh muda yang dikenal dengan tagline "Membangun dari pinggiran" ini .

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan