01 September 2022

Sarat Multi Fungsi, BWSS V Padang Optimalkan Peningkatan/Rehabilitasi DI Batang Hari Dharmasraya



DHARMASRAYA, (GemaMedianet.com| Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selain membangun jaringan irigasi baru juga terus merehabilitasi jaringan irigasi yang telah ada. 

Rehabilitasi jaringan irigasi penting dilakukan karena usia sistem irigasi di beberapa wilayah yang sudah puluhan tahun, sehingga kinerja pelayanan airnya berkurang.

Salah satu pekerjaan rehabilitasi daerah irigasi yang dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air tahun ini, adalah Peningkatan/ Rehabilitasi Batang Hari Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.
 
Proyek tersebut dikelola oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang melalui SNVT PJPA WS Batang Hari bernomor kontrak : HK.02.03/34/BW.SP.PJPA/WS.BH/WS.SP.PJPA/WS.BH/49087/IR/III2022.

Proyek multi fungsi yang dimulai sejak tanggal 14 Maret 2022 dengan waktu pelaksanaan 240 hari kalender dan nilai kontrak Rp13.754.300,00 ini ditargetkan akan mengairi areal pertanian ribuan hektar dan diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman padi sawah. 

Dalam implementasinya proyek dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Arifah Karya Utama dengan konsultan CV. Vitech Pratama Konsultan ini dapat selesai dengan tepat waktu sehingga dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Tentunya, harapan ini tidak akan terealisasi tanpa adanya pengawasan yang ketat dari BWS Sumatera V Padang yang dikomandoi oleh Dian Kamila sebagai Kepala Balai, dengan dukungan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta pelaksana lapangan BWSS-V Padang.

Hingga saat ini realisasi pekerjaan mulai menunjukkan efek yang cukup berarti, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar.

Donny warga setempat saat bincang-bincang dengan awak media mengaku senang dengan adanya proyek peningkatan/rehabilitasi DI Batang Hari.

"Sebelum adanya proyek irigasi, air terlihat hitam, kumuh karena tidak mengalir. Kini sudah lancar dan telah mengaliri sawah," ungkapnya, Sabtu (20/8/2022).

Nagari ini dahulu masih dipenuhi semak belukar, kini telah berubah. Serasa seperti mimpi, sebab panorama alam sekitarnya menjadi terlihat indah dan kawasan mulai terbuka. Dengan perubahan ini secara tidak langsung sudah memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi.

Untuk semua ini, atas nama warga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kementerian PUPR.

Begitu juga halnya dengan rekanan yang telah bekerja profesional sehingga proyek ini betul-betul nantinya dirasakan manfaatnya.

"Semoga proyek bisa selesai tepat waktu," ungkapnya. (m)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR