11 Agustus 2022

Irwan Basir dan DPD LPM Peduli Warga Korban Kebakaran di Kampung Lapai



PADANG, (GemaMedianet.com|  Meski tak memiliki anggaran dan bantuan dari pemerintah, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang di bawah kepemimpinan Irwan Basir Datuk Rajo Alam ini tetap eksis dalam memberdayakan masyarakat.

Bahkan, kiprah DPD LPM sempat harum namanya di awal-awal Pandemi COVID-19. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 13 Ton Beras, Sembako dan uang disalurkan bagi masyarakat terdampak COVID-19 di 11 kecamatan yang ada di Kota Padang.

Ketika aktifitas warga masyarakat terkendala dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan sebelumnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Irwan Basir beserta pengurus DPD LPM justeru hadir di rumah-rumah warga terdampak COVID-19 memberikan bantuan ketika berbagai pihak masih meraba-raba atas situasi yang terjadi.

Dua tahun pandemi berlalu, aktifitasnya Irwan Basir beserta DPD LPM-nya tak pula surut. Dari waktu ke waktu, DPD LPM terus berjuang memberikan karya baktinya bagi masyarakat.


Seperti kali ini, Irwan Basir Dt Rajo Alam beserta Pengurus DPD, kecamatan dan kelurahan mengunjungi sekaligus bersilaturahmi dengan korban kebakaran di RT 01/RW 03, Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (11/8/2022) siang.

Peristiwa kebakaran itu sendiri terjadi dua hari sebelumnya, tepatnya pada Hari Selasa Tanggal 9 Agustus 2022. Tak ada yang tersisa akibat peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Limau Manis Nomor A9, Lapai tersebut.

Kedatangan Irwan Basir beserta rombongan di lokasi itu disambut rona bahagia oleh korban kebakaran dan warga sekitar.


Ketua Majelis Pertimbangan Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji ini di kesempatan itu mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi yang terjadi.

"Belum lama musibah kebakaran terjadi di Kelurahan Parak Gadang Timur, musibah kebakaran kembali terjadi di Kelurahan Lapai ini. Kita ikut prihatin," tutur Irwan Basir didampingi Sekretaris DPD LPM Akhiruddin.

Kendati demikian, musibah kebakaran ini juga merupakan duka  bersama. Oleh karena itu kewajiban pula bagi sesama makhluk ciptaan Allah SWT untuk saling bantu membantu. Terlebih lagi, sesama Muslim itu adalah bersaudara.


"Untuk itu jiwa kesetiakawanan sosial mestilah terus kita tanamkan dalam diri. Tidak membedakan siapa dan dimana tempat kejadiannya," ujarnya yang juga didampingi Pengurus LPM Kecamatan Nanggalo dan LPM Kelurahan Kampung Lapai.

Sebagai bagian dari musibah, maka kondisi pasca kebakaran penting pula menjadi perhatian bersama. Seperti meningkatkan  kewaspadaan terhadap api dan arus pendek di rumah. Kemudian membantu warga tertimpa musibah. Jika bersama, maka tidak ada yang sulit untuk dilakukan.

"Jika bersama, Insyaallah kita bisa. Untuk itu mari bersama-sama kita meringankan beban saudara kita yang ditimpa musibah seperti ini," pancing Datuk IB sapaan akrab Owner Padang Fishing Club Belimbing ini.


Pancingan Irwan Basir itu ternyata mengena, karena usai menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada keluarga kebakaran seperti beras, mie instan, air mineral. Disusul lagi dengan adanya penyerahan bantuan dari RT dan RW, serta mahasiswa Universitas Tamansiswa (Unitas).

Sementara itu, Lurah Lapai Wahyu Edward menyampaikan terima kasih kepada Irwan Basir Dt Rajo Alam dan DPD LPM Kota Padang.

"Semoga kehadiran bapak Irwan Basir Dt Rajo Alam beserta pengurus DPD LPM Kota Padang kali ini menjadi sitawa sidingin dan bermanfaat banyak bagi keluarga yang tertimpa musibah kebakaran ini," tutur lurah muda ini.

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR