07 Maret 2022

Sumarak HUT Ke-14, DPD Partai Gerindra Sumbar Persembahkan Festival Religi dan Aneka Lomba

HUT ke-14 Partai Gerindra Semarak Dengan Aneka Lomba dan Festival


PADANG, (GemaMedianet.com) | Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Partai Gerindra Ke-14, DPD Partai Gerindra Sumatera Barat melaksanakan ragam perlombaan yang dikemas dalam Sumarak HUT ke-14 Gerindra Sumatera Barat 2022.

Ragam perlombaan itu beberapanya terbuka untuk umum dan dikemas dalam bentuk lomba dan festival bernuansa religi. Kemudian berupa lomba dan festival pengembangan seni, budaya dan kreatifitas masyarakat. Selebihnya merupakan lomba khusus antar internal Partai Gerindra se Sumatera Barat. 

Sedangkan total hadiah yang diperebutkan dalam Sumarak HUT ke-14 Partai Gerindra kali ini cukup fantastis, hingga mencapai 100 juta rupiah.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Sumarak HUT Ke-14 Partai Gerindra, Gun Sugianto didampingi Sekretaris Riko Andrian Putra, beserta seksi humas dan dokumentasi kepanitian dalam konferensi pers yang digelar di kantor DPD Gerindra Provinsi Sumatera Barat, Padang, Senin (7/3/2022) siang. 

Lebih lanjut Gun Sugianto, ragam perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT Partai Gerindra ke-14 tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat DPC dengan melibatkan PAC, ranting dan masyarakat di DPC masing-masing kabupaten/kota.

Waktu pelaksanaan lomba juga telah mulai diadakan di tingkat DPC, dari tanggal 20 Februari sampai dengan 6 Maret 2022.

Beberapa lomba dan festival tersebut diantaranya Festival Da'i/Da'iyah Milenial Se-Sumatera Barat, Lomba Tahfidz Se-Sumatera Barat, Festival Musikalisasi Puisi Se-Sumatera Barat, Lomba Karya Tulis Essay Tingkat Nasional, Lomba Paduan Suara Mars dan Hymne Gerindra Se-Sumatera Barat dan Lomba Penilaian Sekretariat DPC Partai Gerindra Se-Sumatera Barat. 

Dijelaskan,  digelarnya Festival Da'i/Da'iyah Milenial Se-Sumatera Barat mulai usia 16-25 tahun dan Lomba Tahfidz Se-Sumatera Barat ini bertujuan untuk syiar agama. 

Partai Gerindra ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa partai ini juga merupakan partai yang peduli terhadap bidang keagamaan, sesuai dengan Visi Partai Gerindra yaitu Menjadi Partai Politik yang mampu menciptakan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial dan tatanan pokok negara yang melandaskan diri pada nilai nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 yang senantiasa berdaulat di bidang politik, berkepribadian di bidang budaya dan berdiri di atas kaki sendiri dalam bidang ekonomi.

Kemudian, pelaksanaan Festival Musikalisasi Puisi Se-Sumatera Barat dan Lomba Karya Tulis Essay Tingkat Nasional  bertujuan untuk mengembangkan seni, budaya dan kreativitas masyarakat. 

Menurutnya, mengembangkan seni dan budaya bukan semata hanya melestarikan. Karena kalau melestarikan, maka budaya hanya akan menjadi masa lalu. 

"Kita ingin seni dan budaya terus dikembangkan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini. Dan melalui Lomba Karya Tulis Essay, kita mengharapkan narasi-narasi kritis dan konstruktif dari masyarakat dalam menyikapi kondisi kekinian bangsa ini," tuturnya.

Terakhir, Lomba Paduan Suara Mars dan Hymne Gerindra Se-Sumatera Barat dan Lomba Penilaian Sekretariat DPC Partai Gerindra Se-Sumatera Barat. 

Kedua perlombaan ini khusus diikuti oleh kader-kader Partai Gerindra di tingkat PAC, DPC dan DPD serta dikuti oleh organisasi sayap partai.

Digelarnya kedua lomba ini bertujuan untuk semakin menumbuhkan kecintaan terhadap partai dan semakin menguatkan ideologi partai, serta meningkatkan keaktifan dan aktifitas pengurus partai di seluruh tingkatan.

Perlombaan Penilaian Sekretariat DPC Partai Gerindra Se-Sumatera Barat dilaksanakan dengan tujuan untuk membudayakan pola hidup sehat di setiap sekretariat DPC Partai Gerindra Se-Sumatera Barat sesuai protocol Kesehatan COVID19 agar Kesehatan masyarakat pulih dan ekonomi masyarakat bangkit kembali.

"InsyaAllah kegiatan ini menjadi kegiatan rutin DPD Gerindra Sumatera Barat setiap tahunnya untuk lebih memaknai HUT Partai Gerindra dan kehadiran Partai Gerindra dirasakan manfaatnya oleh simpatisan, anggota dan kader partai serta masyarakat secara luas," katanya. 

Gun Sugianto juga menyampaikan, para pemenang juara satu dari setiap lomba dan festival itu nantinya diutus oleh masing-masing DPC guna mengikuti final lomba di Tingkat DPD yang diadakan dari tanggal 9-12 Maret 2022. 

Pemenang final lomba Tingkat DPD itu diumumkan pada acara puncak peringatan HUT Partai Gerindra ke-14 pada Tanggal 26 Maret 2022 di Hotel Grand Inna (Truntum) Padang, yang akan dihadiri oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Pada acara puncak peringatan HUT Partai Gerindra ke-14 itu juga akan diadakan Deklarasi Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024. Sekaligus pembukaan rapat koordinasi daerah (Rakorda) DPD Partai Gerindra Sumatera Barat.

Ditambahkan, awalnya acara puncak akan dipusatkan di Kota Bukittinggi yang diawali dengan kegiatan jalan sehat dan doorprize. Namun karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, pihaknya tak ingin Partai Gerindra disalahkan dengan kemunculan cluster baru.

"Akhirnya diputuskan acara puncak HUT Gerindra di Kita Padang, sedangkan acara di Bukittinggi nanti fokus setelah habis lebaran dengan kegiatan jalan sehat ditambah doorprize," tutupnya. 

Seperti diketahui, untuk para pemenang lomba panitia menyediakan hadiah uang tunai sebesar 100 juta rupiah, ditambah dengan tropi dan medali. 

Hadiah untuk lomba dai sebesar 10 juta terbagi juara satu Rp.5 juta, juara dua Rp.3 juta dan juara tiga Rp.2 juta. Kemudian hadiah lomba Tahfidz 10 juta. Lomba Puisi hadiah Rp.15 juta dimana juara meraih Rp.7 juta, juara dua Rp.5 Juta, dan juara tiga Rp2 juta. lomba Esai hadiah Rp10 juta.

Selanjutnya, hadiah paduan suara Rp21 juta terbagi juara satu Rp.10 juta, juara dua Rp7 juta dan juara tiga Rp.4 juta. Terakhir, Lomba penilaian Sekretariat DPC hadiah 15 juta masing-masing juara satu Rp7 juta, juara dua Rp5 juta dan juara tiga Rp3 juta. (mz)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR