23 Maret 2022

Seruan Perdamaian Rusia-Ukraina Menggema Dari Ruang Sidang IPU ke-144 Bali dan Atap Sembilan Villa



NUSA DUA, (GemaMedianet.com) | Seruan perdamaian Rusia-Ukraina menggema dari Bali sejak penyelenggaraan Sidang Umum Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 dibuka di Bali International Convention Center pada Minggu (20/3/2022) lalu.

Seruan itu, terus menerus disuarakan oleh para peserta sidang yang dihadiri oleh delegasi dari 133 negara. Kendati tema Getting to Zero : Mobilizing Parliament to Act on Climate Change, membuat isu perubahan iklim mengambil porsi terbesar dalam berbagai diskusi dan debat yang diadakan, isu keamanan dan perdamaian dunia juga mendapat bagian signifikan dalam forum ini.

Ketua DPR RI Puan Maharani, telah membahas perihal ini sejak menghadiri rapat Executive Committee (Excom) yang diadakan dua hari sebelum pembukaan sidang umum IPU ke-144 ini. Excom sendiri merupakan badan di IPU yang membahas implementasi keputusan majelis IPU.

“Promosi perdamaian dan keamanan penting untuk menjadi perhatian Bersama dan bagaimana parlemen berkontribusi dalam membangun kepercayaan di antara pihak-pihak yang berkonflik,” katanya.

Sikap mendukung perdamaian ini, bahkan telah dinyatakan Puan sejak awal konflik Rusia-Ukraina pecah. Bersama DPR RI, ketua perempuan pertama di parlemen Indonesia ini menyatakan dukungannya pada Resolusi Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyesalkan agresi Rusia ke Ukraina.

Presiden IPU, Duarte Pachecho juga mengatakan hal yang sama dalam sambutan pembukaannya. Ia mengatakan, tak mungkin IPU melakukan sidang umum untuk membicarakan berbagai hal yang terjadi di dunia tanpa membahas perihal konflik Rusia dan Ukraina, yang membuat perwakilan kedua negara tersebut absen dalam pertemuan yang hampir selalu mereka ikuti.

“Tidak mungkin kami membicarakan berbagai isu lain di dunia, tapi mengabaikan peristiwa yang tidak hanya memengaruhi dua negara tapi juga seluruh dunia,” ujarnya.

Lelaki anggota parlemen dari Portugal ini juga berharap Rusia dan Ukraina dapat secepatnya melaksanakan gencatan senjata dan mengadakan dialog untuk menyelesaikan masalah agar tidak jatuh lebih banyak korban.

Disebutkan oleh Pachecho, IPU akan mengambil bagian dalam semua proses untuk mengembalikan kedamaian di Ukraina.

Dalam forum General Debate 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU), proposal usulan Selandia Baru mengenai Resolusi konflik Rusia-Ukraina mendapat suara terbanyak sebagai emergency item.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, usulan dari Selandia Baru pada prinsipnya sama seperti semangat perdamaian yang diusung Indonesia.

Emergency item sendiri merupakan usulan agenda baru yang dianggap mendesak dan sangat penting untuk dibahas di sidang IPU, namun tidak tercantum dalam agenda yang ditetapkan sebelumnya.

Sementara Sidang Umum IPU berlangsung di Nusa Dua, seorang seniman asal Rusia, Pokras Lampas membuat karya kaligrafi di lahan seluas 960 meter persegi yang merupakan atap sembilan villa di kompleks villa milik Alex Shtefan asal Ukraina. 

Mereka berkolaborasi untuk mempromosikan perdamaian dan persatuan melalui kaligrafi bertuliskan “Dunia Bersatu” dalam enam bahasa yakni Rusia, Inggris, Cina, Perancis dan Indonesia. 

Seniman yang membuat Gerakan seni calligrafuturism ini, melalui akun instagramnya memerkan atap villa berwarna dasar hitam yang ia Lukis dengan kaligrafi putih dengan sedikit percikan warna kuning.

Love support unite atau cinta mendukung persatuan ia serukan pula. Menurut Lampas, seperti yang ia sampaikan pada VOA Indonesia, karyanya bukan merupakan pernyataan politik, melainkan pernyataan budaya tentang manusia dan bagaimana cara bersatu menciptakan masa depan yang harmonis untuk budaya serta dunia baru yang damai dan penuh kasih.

Aksi seni ini seperti menjadi amplifikasi dari suara-suara para delegasi parlemen yang menggema di ruang sidang IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC).

Suara penuh harap agar perang segera berhenti dan berganti menjadi dialog yang dapat menemukan titik tengah untuk perdamaian dan kemanusiaan. (r)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR