12 Februari 2022

Semangat Pengabdian Iptu Januar Tak Pudar Jelang Pensiun



SIKAKAP, (GemaMedianet.comSemangat pengabdian Wakil Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Sikakap Iptu Januar tak pernah pudar. Meski kurang dari satu tahun lagi masuk masa pensiun, namun hal itu tidak melunturkan semangat Iptu Januar untuk ikut turun ke lapangan.

Terlebih lagi, di tengah upaya Polsek Sikakap dan pemerintah setempat dalam melakukan percepatan vaksinasi di wilayah yang penuh dengan beragam tantangan sebagai pulau terluar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Kita mesti turun lapangan lagi. Turun lapangan untuk mendampingi tim tenaga kesehatan (Nakes) melakukan  percepatan vaksinasi di wilayah hukum Polsek Sikakap yang meliputi tiga kecamatan. Terutama dalam program terkini pemerintah untuk percepatan Vaksinasi Anak Umur 6 sampai dengan 11 tahun," tuturnya menuju Dusun Tumale Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara, Rabu (9/2/2022).

Disebutkannya, pada hari ini Rabu tanggal 9 Pebruari 2022 atas perintah Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH, dirinya bersama dengan dua orang Bhabin Kamtibmas yaitu Bripka Azriardi dan Brigadir Firmansyah Putra berangkat menuju Dusun Tumale Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara untuk mendampingi Tim Nakes Puskesmas Saumanganyak.

"Kita dari Polsek Sikakap bersama Tim Nakes yang dipimpin oleh Dr Riana dijadualkan akan melaksanakan Vaksinasi Pertama Anak Usia 6-11 tahun, dan Vaksinasi kedua  bagi masyarakat Dusun Tumale," terang Iptu Januar.

Dalam kegiatan kali ini, Camat Pagai Utara Gabriel Sakeru juga menyertai Tim Polsek Sikakap dan Tim Nakes Puskesmas Saumanganyak.

Seperti diketahui, Dusun Tumale ini terletak di Pantai Barat Pulau Pagai Utara berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Untuk mencapai dusun tersebut, tim harus menuju Saumanganyak dan Manganjo terlebih dahulu, dengan waktu tempuh kalau jalannya normal hanya cukup 3 jam dari Sikakap. Namun karena jalannya ekstrim dan berlobang serta jembatan yang dilewati banyak sudah lapuk tentu saja sangat membutuhkan ekstra hati-hati saat melewatinya.

Belum lagi, tim juga harus melewati hutan belantara. Bukan tidak mungkin, tim nantinya bakal  kepergok dengan Ular yang cukup lumayan besar.

Dikatakan lagi, semua tantangan tersebut akan hilang dan penat di jalan segera terobati ketika tercapainya target dalam memvaksin anak-anak serta masyarakat Dusun Tumale.

"Alhamdulillah, pada Vaksinasi Anak Usia 6-11 di SD 43 Silabu Dusun Tumale target vaksinasi tercapai. Semua murid berjumlah 38 orang ikut vaksin, sehingga target 100 persen untuk capaian vaksinasi SD 43 Tumale telah terpenuhi," tukasnya

Tumale ini boleh dikatakan sebuah dusun yang terisolir dan dihuni lebih kurang 68 KK. Untuk ke pusat desa di Silabu, jarak tempuhnya cukup jauh dan jalan yang banyak sudah rusak. Begitu juga sebaliknya, menuju pusat kecamatan di Saumanganyak.

Selain itu, dusun ini juga belum tersentuh oleh jaringan komunikasi. Setali dua uang, untuk penerangan dusun ini juga hanya mengandalkan manfaat dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Giat vaksin untuk anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Pagai Utara ini akan tetap berlanjut dengan sasaran Desa Silabu.

"Ada sebanyak 5 SD lagi yang diharapkan dalam minggu depan vaksinasinya sudah selesai semuanya. Yakni dengan capaian sasaran 95 persen," tukasnya. (fs/mz)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR