15 Januari 2022

Ketua DPD LPM Irwan Basir Dt. Rajo Alam : Rakorbang Itu Pemberdayaan Masyarakat




PADANG, (GemaMedianet.com| Rapat koordinasi rencana pembangunan (Rakorbang) itu merupakan implementasi pembangunan yang berasal dari bawah. Setiap tahunnya agenda ini hadir di tengah masyarakat guna menampung usulan kebutuhan tahun berikutnya dan dirembugkan di tingkat RT/RW.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam saat mengikuti agenda Rakorbang Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur, Selasa (11/1/2022).

Dikatakan Irwan Basir, Rakorbang adalah agenda rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Apa yang dilaksanakan pada pembangunan tahun yang akan datang, akan dibicarakan atau direncanakan di tahun sekarang.

Begitu juga pelaksanaan pembangunan sekarang adalah berasal dari perencanaan tahun sebelumnya. Jadi, masyarakat bisa melihat apa-apa saja usulan tahun lalu, yang akan direalisasikan di tahun ini.

Irwan Basir menggaransi, apa yang menjadi usulan kebutuhan masyarakat di suatu daerah itu pada hakekatnya yang tahu adalah masyarakat itu sendiri. Oleh karenanya, jika masyarakat yang merencanakan kebutuhan pembangunan di daerahnya, tentu pembangunan itu akan tepat sasaran dan tidak akan terhalang atau menemui masalah.

"Pemerintah hanya tinggal mengakomodir usulan kebutuhan masyarakat sesuai dengan skala prioritas, dan merealisasikannya di tahun berikutnya," ujar Irwan Basir dalam sambutannya pada Rakorbang yang dibuka langsung oleh Camat Padang Timur Siska Meilani, S.STP, MS.i

Menurut Irwan Basir, diberdayakannya masyarakat untuk ikut merencanakan dan menentukan kebutuhan pembangunan di daerahnya, tak lain adalah agar masyarakat merasa lebih memiliki proyek pembangunan yang dilaksanakan di daerahnya.

"Pelaksanaannya tentu juga tidak lagi terhalang, karena proyek pembangunan itu adalah milik masyarakat itu sendiri yang pemanfaatannya juga untuk masyarakat," terangnya.

Apalagi dalam usulan pembangunan itu sejak awal telah melibatkan semua unsur masyarakat. Dari mulai tokoh-tokoh di daerah tersebut, tokoh agama, pemuda, ibu-ibu PKK. Pokoknya segala potensi yang ada dimanfaatkan agar tercipta kebersamaan, karena pemanfaatannya juga secara bersama-sama pula.

"Dengan demikian, semuanya merasa sama-sama memiliki," tukas tokoh kharismatik ini lagi.

Kendati demikian, Irwan Basir juga menyinggung data BDT yang sampai sekarang masih banyak kesalahan. Untuk itu, dia meminta ketua RT atau RW dapat memperbaiki lagi data tersebut.


Menurutnya, data yang salah juga berimbas kepada bantuan yang salah. Yang pantas menerima tidak mendapat bantuan, dan yang tidak pantas justru menerima bantuan. Kondisi ini sering terjadi.

"Ini yang harus terus kita perbaiki supaya tidak ada kecemburuan sosial di tengah masyarakat dan menimbulkan riak riak," tukasnya.

Sementara itu, Camat Padang Timur Siska Meilani dalam sambutannya mengulas, jika selama ini banyak usulan-usulan yang terfokus kepada kegiatan-kegiatan fisik saja, dan sedikit sekali kegiatan non fisik.

"Padahal pembangunan non fisik juga sangat penting. Seperti pelatihan-pelatihan misalnya atau kegiatan ibu-ibu PKK atau generasi muda. Jadi, pembangunan non fisik ini juga harus diperhatikan oleh ketua RW dan RT dalam mengusulkan rencana pembangunan di daerahnya," ujarnya.

Selain itu, Camat Siska Meilani juga menyampaikan program unggulan Pemerintah Kota Padang terutama dalam penambahan ruang belajar. Jika memang ada kebutuhan penambahan ruang kelas belajar dari pihak sekolah, segera usulkan. Ini bertujuan agar dalam penerimaan murid baru dapat diakomodir oleh pihak sekolah karena setiap tahun pasti terjadi lonjakan pendaftaran murid baru.

Sementara Lurah Ganting Parak Gadang Syafrius dalam laporannya menyampaikan, Rakorbang ini telah melewati proses dari tingkat bawah yaitu rembuk warga. Aspirasi masyarakat itu pula direkap, dan selanjutnya akan dibahas dalam Rakorbang ini untuk menentukan skala prioritas yang akan diusulkan di Rakorbang Kecamatan Padang Timur.

Sedangkan kepada anggota DPRD yang hadir dia berharap untuk mengawal nantinya agar usulan dari masyarakat Kelurahan Ganting Parak Gadang yang diprioritaskan dapat terealisasi dengan baik. 

Hadir dalam acara Rakorbang yang dipandu oleh Ketua LPM Ganting Parak Gadang ini, beberapa Anggota DPRD, diantaranya Evi Yandri DPRD Sumbar, Muhidi DPRD Kota Padang Muhidi, ketua RT dan RW se-Kelurahan Ganting Parak Gadang, tokoh masyarakat dari berbagai organisasi dan undangan lainnya. (r)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR