15 Januari 2022

Vaksinasi Capai 91 Persen, Kapolsek dan Wakapolsek Sikakap Tak Jenuh Terjun ke Pelosok



SIKAKAP (GemaMedianet.com| Berbagai tantangan dalam percepatan vaksinasi di  wilayah hukum (wilkum) Polsek Sikakap Polres Mentawai yang meliputi tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai ini telah berhasil dilewati dan mencapai target vaksinasi 91 persen.

Sebagai pulau terluar, secara umum penghubung antar wilayah yang satu dengan wilayah lainnya menggunakan transportasi laut. Kondisi cuaca yang terkadang tak bersahabat juga menjadi tantangan sendiri bagi personel Polsek Sikakap.

Belum lagi perjalanan darat dengan infrastruktur masih belum memadai dan memilki  kesulitan yang cukup tinggi untuk menjangkau perkampungan dan pelosok tiga kecamatan, mulai dari Kecamatan Sikakap, Pagai Selatan dan Pagai Utara.

Bagi Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH dan Waka Polsek IPTU Januar, kondisi itu tak menyurutkan langkah dan semangat keduanya dalam percepatan dan pemerataan vaksinasi di tiga wilayah tersebut.

Dalam pelaksanaan vaksinasi guna mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal) masyarakat ini, Kapolsek dan Wakapolsek saling bersinergi. Bahkan, tidak hanya sekedar memerintahkan anggota turun mendampingi tim tenaga kesehatan (Nakes) ke lapangan. Keduanya, juga  tampak ikut terjun langsung.

Mereka tak segan-segan untuk membantu tugas tim Nakes sesuai dengan apa yang bisa mereka lakukan. Seperti saat turun di gereja GKPM Dusun Tunang Desa Matobe Sikakap, berhubung karena kurangnya tenaga Tim Nakes, Bhabinkamtibmas dan Waka Polsek Sikakap IPTU Januar ikut membantu cek tensi masyarakat yang mau divaksin.

Apalagi kegiatan vaksin kali ini diikuti oleh masyarakat dengan cukup antusias, baik vaksin ke-1 yang masih tersisa maupun vaksin ke-2. Kegiatan itu diikuti oleh lebih kurang 250 orang warga.

"Mereka sudah menunggu dari pagi, dan berkumpul di halaman gereja GKPM Matobe, tentu kita tidak ingin warga kecewa dengan keterbatasan petugas. Oleh karena itu kita terjun membantu nakes, agar tidak sempat membuat warga bosan menunggu giliran terlalu lama," tutur IPTU Januar penuh semangat dalam vaksinasi di Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Selasa (11/1/2022).

Seperti diketahui, dari data manual yang ada pada Puskesmas untuk Wilkum Polsek Sikakap sudah mencapai angka 91 persen, namun personel Polsek Sikakap tampak tak terlihat bosan-bosan dalam mendorong masyarakat untuk vaksin.

"Capaian vaksinasi itu tak membuat kami berpuas diri. Tetapi justeru menjadi penyemangat untuk tetap memacu kesadaran masyarakat, sehingga semua masyarakat meliputi tiga kecamatan bisa tervaksin baik vaksin satu maupun vaksin ke-2," tuturnya.

Untuk itu, jika sebelumnya vaksinasi diadakan di Mapolsek tetapi saat ini telah diarahkan Kapolsek untuk menjangkau dusun-dusun agar pemerataan vaksinasi di Wilkum Polsek benar-benar sesuai dengan harapan bersama.

"Kita terus safari ke dusun-dusun untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat yang tidak tervaksin. Kita tetap bersinergi dalam tugas ini bersama tim Nakes, dengan akan selalu turun ke pelosok-pelosok agar tidak ada masyarakat kita yang tidak kebagian vaksin," tukasnya.

Pelaksanaan vaksinasi bersama personel Polsek Sikakap di Desa Matobe kali ini, untuk tim Nakes dipimpin oleh Dr Laila dari Puskesmas Sikakap. Sejak awal hingga berakhirnya kegiatan berjalan aman, lancar dan terkendali. (mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR