06 Desember 2021

Tertibkan Kawasan Wisata Mandeh dan Antisipasi Pekat, Nagari Ampang Pulai Lahirkan Pernag Trantibmas



TARUSAN, (GemaMedianet.com| Untuk lebih tertibnya tempat Kawasan Wisata Mandeh, dan mengantisipasi Penyakit Masyarakat (Pekat) khususnya, Nagari Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan membuat Peraturan Nagari (Pernag) tentang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Trantibmas).

Dibuatnya pernag tersebut, untuk mengantisipasi penyakit masyarakat yang bertentangan dengan norma norma adat dan agama. Saat ini pernag yang dirancang oleh Pemerintahan Nagari Ampang Pulai tinggal pengesahan, dan saat ini sudah diajukan ke kabupaten.

Pernag tersebut sangat dibutuhkan oleh Nagari Ampang Pulai, sebab di nagari tersebut merupakan keberadaan Kawasan Wisata Batukalang dan Wisata Taluak Sakulo. Sekaligus memperkuat pemerintah nagari dalam mengambil sikap dan menindak bagi pelanggar.

"Untuk menertibkan kawasan wisata dan batasan waktu tempat hiburan, kususnya hiburan malam, kita telah menyusun pernag tentang trantibmas, insyaallah dalam bulan ini sudah kita sahkan bersama Bamus," kata Wali Nagari Ampangpulai Efridinal saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, pernag yang dibuat oleh pemeritahan nagari tersebut berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. Dalam pernag tersebut, juga diatur tentang batasan hiburan malam.

"Dengan berpedoman pada Perda Nomor 1 Tahun 2016, maka tujuannya supaya pemerintahan nagari kuat dalam menindak kalau ada yang melanggar," ujarnya.

Ditegasnya, pernag tersebut akan disusul dengan peraturan wali nagari (perwanag) yang akan mengatur tentang sanksi yang akan diberikan kepada yang melanggar pernag tersebut.

"Perwanag untuk mempertegas sanksi dari turunan pernag itu, dan untuk pembuatan pernag tersebut kami dapat dukungan dari semua kalangan, seperti ninik mamak, alim ulama tokoh masyarakat dan pemuda," pungkasnya.

Seperti diketahui baru baru ini, Satpol PP yang tergabung dalam Tim Satgas Trantibun menggerebek tempat hiburan malam di kawasan Pantai Batukalang dan berhasil menjaring tujuh orang pemandu karaoke serta dua orang tamu dan menemukan minuman beralkohol yang berada di dalam ruangan tertutup karaoke tersebut. (doni) 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv