06 Desember 2021

“Minangkabau Peduli”, Fauzi Bahar Bersama ACT dan Ikaboga Padang Ketuk Hati Nurani Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru




PADANG, (GemaMedianet.com| Sebagai bentuk kepedulian terhadap Bencana Erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur, Fauzi Bahar bersama "Minangkabau Peduli" mengetuk hati dan nurani seluruh dermawan di Ranah Minang maupun di perantauan untuk mengirimkan bantuan dan sedekah terbaiknya.

"Mari kita bantu dan kirimkan bantuan bahan makanan, perlengkapan dan alat kesehatan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur yang terjadi Minggu, 5 Desember 2021," kata Ketua Penggalang "Minangkabau Peduli" Fauzi Bahar dalam konferensi pers "Semeru Kembali Erupsi !" di Gunung Pangilun, Kota Padang, Senin (6/12/2021) sore.

Dalam konferensi pers "Minangkabau Peduli" itu, Walikota Padang dua periode ini (2004-2009) dan (2009-2014) didampingi Sekretaris Koperasi Wanita Ikaboga Padang Hartiningsih dan Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang, Aan Saputra.

Suara Dosen Manajemen Bencana Universitas Pertahanan Indonesia sempat bergetar, tatkala selintas ingatannya menerawang pada peristiwa  Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Kota Padang diguncang gempa berkekuatan 7,9 SR pada 30 September 2009 silam.


Ketika itu dirinya menjabat Wali Kota Padang dan merasakan betapa paniknya warga Kota Padang ketika itu. Rumah masyarakat runtuh, gedung pemerintah ambruk, Jalan terbelah, aliran listrik padam dan air bersih sulit didapatkan. Namun dari corong RRI ketika itu dirinya tetap memberi semangat masyarakat untuk tidak panik dan bersabar.

"Kepanikan warga di Lumajang dan sekitarnya kini juga sangat terasa bagi saya, dan karena itu untuk musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Lumajang Jawa Timur mari kita bersama "Minangkabau Peduli" untuk mengirimkan bantuan yang terbaik," ulang Fauzi Bahar masih dengan suara yang bergetar.

Di tengah kesulitan, lanjutnya, maka bantuan sekecil apapun sangat berarti bagi korban bencana, dan masyarakat Sumbar umumnya dan Kota Padang khususnya pernah merasakan hal itu Pasca Gempa 2009. 



Sekarang Lumajang, Jawa Timur terkena bencana. Untuk itu, masyarakat Sumbar juga harus peduli dengan memberi bantuan terbaiknya. Apalagi, pasca gempa 2009 Jawa Timur juga ikut berperan membantu musibah yang dialami masyarakat Sumbar umumnya dan Kota Padang khususnya. 

Fauzi Bahar memberi gambaran, jika masing-masing warga menyisihkan rezekinya 1/4 kg rendang senilai Rp.50 ribu saja, maka seminggu ke depan 1 ton Rendang akan terkumpul. 

"Oleh karena itu target pengiriman Rendang 5 ton bukanlah hal yang mustahil bagi masyarakat kota Padang. Bantuan itu bisa dengan hanya 1/4 kg senilai Rp.50 ribu sampai dengan paket 1 kg Rp240 ribu dengan bekerjasama dengan Koperasi Wanita Ikaboga Padang. Tidak menarik keuntungan dan harga cukup standar," ucapnya. 

Untuk itu dalam waktu dekat Fauzi Bahar  bersama ACT Kota Padang dan Koperasi Wanita Ikaboga akan mengirimkan sekitar 5 ton Rendang siap saji untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

"Untuk itu, saya kembali mengimbau masyarakat Sumbar baik di Ranah Minang maupun di perantauan ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial bertajuk “Minangkabau Peduli” ini," tukasnya.

Ditambahkannya, berbagai jenis bantuan baik uang, makanan, pakaian, masker dan sembako dapat disalurkan melalui ACT Kota Padang, Jalan S. Parman No. 170 J, Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Sementara donasi berupa uang juga dapat ditransfer melalui rekening Virtual Account (VA) PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI) atas nama Aksi Cepat Tanggap Nomor 8660291020040237

Sementara Aan Saputra di kesempatan yang sama menyampaikan, ACT siap menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita di Lumajang, Jawa Timur.

Aan menyebut, Armada ACT sudah berada di Lumajang. Dari laporan yang diterima, hari ini beberapa orang meninggal sudah diketemukan, namun yang hilang juga masih banyak. Dan hingga kini terdapat 10 kecamatan terdampak dan 3000 pengungsi yang perlu secara berjamaah menyalurkan bantuan kebaikan kepada korban erupsi Gunung Semeru. 

"Untuk itu siapapun yang membantu Semeru kita siap untuk menyalurkan bantuan," ujar Aan.

Sementara Sekretaris Koperasi Wanita Ikaboga Padang mengucapkan terima kasih kepada Fauzi Bahar karena dilibatkan dalam Minangkabau Peduli untuk korban erupsi Gunung Semeru. 

Ikaboga Padang juga berterima kasih kepada karena menjadi penyumbang bantuan rendang sebanyak 50 kg rendang. 

"Alhamdulillah, selain Fauzi Bahar telah disusul dengan rencana 100 kg rendang dari Askrindo," ujarnya. 

Agenda tersebut kemudian diakhiri dengan doa bersama untuk masyarakat Lumajang dan sekitarnya yang dipimpin langsung oleh Fauzi Bahar Datuk Nan Sati ini. (mz) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv