13 Desember 2021

Polsek Sungai Lasi Lanjutkan Vaksinasi Sumdarsin ke Tahap IV



SOLOK, (GemaMedianet.com| Percepatan vaksinasi Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) di wilayah hukum Polsek Sungai Lasi Polres Solok Kota berlanjut ke tahap IV. Ditargetkan untuk vaksinasi kali akan menyasar 300 warga di wilayah tersebut.

Kegiatan dalam mendukung percepatan vaksinasi tersebut digelar Puskesmas Sungai Lasi bersama Forkopimcam Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok di Halaman Kantor Camat setempat, Sabtu (4/12/2021).

Kapolsek Sungai Lasi AKP. Nafris, SH mengatakan, pelaksanaan vaksinasi kali ini merupakan Sumdarsin tahap IV sebagai kelanjutan dari upaya mendukung percepatan vaksinasi di wilayah hukum Polsek Sungai Lasi Polres Solok Kota.

"Forkopimca Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok bekerjasama dengan Puskesmas Sungai Lasi terus berupaya menekan penyebaran dan penularan Virus COVID-19 di wilayah ini dengan melanjutkan kegiatan vaksinasi Sumdarsin ke tahap IV," ujar Kapolsek didampingi Kepala Puskesmas Sungai Lasi Ali Ambran, S.Kep dan Camat Sungai Lasi Drs. Musfian, MM beserta staf serta Bhabinsa Koramil Sungai Lasi.

Dengan berlanjutnya vaksinasi Sumdarsin ke tahap IV, sebut Kapolsek, capaian vaksinasi di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok dapat meningkat dari pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, berjalan aman dan lancar.

“Saya bersama Forkopimcam berharap selama pelaksanaan vaksinasi dari awal hingga selesainya nanti dapat mencapai target seperti yang diharapkan," ungkap AKP. Nafris.

Kapolsek memotivasi masyarakat untuk tidak cemas dan takut dengan vaksinasi. Apalagi vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat sudah melalui serangkaian pengujian ketat, sehingga dipastikan aman, bermutu, berkhasiat, juga halal.

"Teliti informasi dengan benar dan jangan mudah terpengaruh terhadap informasi atau berita yang tidak benar alias hoax yang mengatakan vaksin itu berbahaya," tuturnya.

Kapolsek juga menghimbau  warga, setelah menerima suntikan vaksin dari petugas kesehatan (nakes) untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Sebab vaksin dan prokes merupakan saling berkaitan dalam mewujudkan upaya pemerintah mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat.

"Mari kita tetap disiplin mematuhi prokes sebagaimana anjuran pemerintah, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup sehat itu lebih baik mencegah dari pada mengobati, yakni dengan dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan bersih,  menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas," pesan AKP Nafris.

Meski Gerai Vaksinasi Sumdarsin Tahap IV di Kecamatan IX koto Sungai Lasi kali ini berlangsung di tengah hujan dan cuaca kurang bersahabat, namun masyarakat yang datang mengikuti vaksinasi cukup antusias meski persentase di bawah 70 persen.

Begitu juga petugas tetap penuh  semangat untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan Sumdarsin. Terlihat setiap kendaraan yang melewati Jalur Lintas Sumatera Sungai Lasi baik kedaraan roda dua maupun roda empat tetap dimonitor untuk memastikan apakah sudah divaksin atau belum.

Bagi yang belum divaksin, maka para pemilik kenderaan disarankan untuk vaksin terlebih dahulu. Hal itu guna mencegah dan menekan angka penularan COVID-19 di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

Seperti diketahui, sebelum pelaksanaan seluruh peserta vaksinasi terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan. Diantaranya mengisi pendaftaran, cek tensi dan suhu badan dan screening oleh petugas kesehatan, bila dinyatakan sudah memenuhi syarat dan dinyatakan sehat baru dilaksanakan penyuntikan vaksin.

Begitu juga setelah selesai melaksanakan vaksin, peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya reaksi terhadap Vaksin.
(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv