14 Desember 2021

Karang Taruna Tanah Datar Study Komparatif Ke Karang Taruna Kabupaten Pesisir Selatan

FOTO BERSAMA - Ketua KT Pessel PRIMA DONI (Pakai Masker) Foto Bersama Dengan Ketua KT Sumbar Mahdianur Musa, Kadis Sosial P3A Tanah Datar Yuhardi, dan Sekretaris KT Tanah Datar Budi Syafputra (Foto Dok. Ist) 


PESISIR SELATAN, (GemaMedianet.com| Dalam rangka sinergi penguatan program dan silaturahmi antar pengurus, Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar melaksanakan kegiatan studi komparatif ke Karang Taruna Kabupaten Pesisir Selatan, 11-12 Desember 2021.

Dalam studi komparatif itu, Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar didampingi Dinas Sosial P3A Kabupaten Tanah Datar dan Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) beserta jajaran.

Ikut dalam rombongan tersebut Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Tanah Datar Yuhardi, Kabid Sosial Heldiyas beserta kasi, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat Mahdianur Musa, Ketua Karang Taruna Tanah Datar Beni Remon beserta Sekretaris Budi Syafputra.

Studi komparatif tersebut diikuti sekitar 50 orang lebih pengurus Karang Taruna Nagari se Kabupaten Tanah Datar, dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar untuk melihat pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif, BUMNag Bersama Mandeh Tarusan Jaya dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh Pj Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Eva Susanti beserta jajarannya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesisir Selatan Prima Doni beserta anggota di kantor dinas setempat, Painan, Sabtu (11/12/2021).

Di kesempatan itu, Pj Kepala Dinas Sosial P3A Pessel, Eva Susanti mengucapkan selamat datang rombongan Study Komparatif Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami atas kunjungan dari kawan kawan Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar, semoga ke depan Karang Taruna semakin terus berkembang dan berjaya, jaga selalu kekompakan," ujar Eva Susanti.

Dikatakannya, dengan kegiatan ini hendaknya terus terjalin kebersamaan dan bersilaturahmi agar tetap terjaga dengan baik. Hal itu menjadi sebuah kekuatan yang kuat dalam berorganisasi," ucapnya.

CENDERAMATA - Penyerahan cenderamata dari Ketua KT Tanah Datar Beni Remon kepada Pj Kadis Sosial P3A Pessel Eva Susanti (Foto Dok. Ist) 

Menurutnya, sebagai pengurus Karang Taruna itu harus proaktif dalam melakukan konsolidasi organisasi, melakukan komunikasi dengan semua stakeholder di daerah masing-masing. Disamping itu juga harus mampu merumuskan program kerja nyata yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Terutama dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial yang berkaitan dengan pemuda," tekannya.

Kemudian dikatakannya lagi, meskipun pandemi COVID-19, pemuda harus tetap produktif, kreatif dan berkarya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Bahwa sebagai pemuda harus bisa menciptakan energi positif yang bermanfaat di tengah masyarakat, dan membangun jaringan pertemanan sebesar besarnya untuk mendapatkan feedback positif di masa yang akan datang," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Tanah Datar, Yuhardi berharap apa yang dilihat dan dipelajari di Kabupaten Pesisir Selatan bisa benar-benar diterapkan, demi menggalakkan program pembinaan yang dilakukan Karang Taruna Tanah Datar.

Untuk itu dia juga meminta pengurus Karang Taruna Tanah Datar baik di tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten harus lebih aktif dan giat lagi menjalankan program-programnya, terutama program pembinaan usaha ekonomi. Jadi, tidak terkesan hanya kegiatan seremonial namun hasilnya tidak nyata.

"Kita studi ke Kabupaten Pesisir Selatan dengan harapan bisa menghasilkan program kerja yang lebih baik, dan Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar semakin maju," ujarnya.


Yuhardi mengatakan, bahwa pihaknya siap mendukung setiap kegiatan yang dilakukan Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar.

"Karang Taruna bisa jadi wadah bagi teman-teman untuk berkreasi dan berkiprah. Kami dari dinas siap mensupport terus setiap kegiatan Karang Taruna," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata melalui Kabid Pariwisata, Wildan menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar yang mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan untuk studi komparatif, dan menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat wisata dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Saat ini kami menghimbau, untuk berwisata ke Kabupaten Pesisir Selatan kita harus membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan, dan jangan lupa vaksin agar tetap aman serta melindungi keluarga dari ancaman COVID-19 mulailah dari diri dan sekitar kita," harapnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh organisasi kepemudaan, organisasi sosial lainnya terutama Karang Taruna dalam menjaga keamanan dan mengelola tempat-tempat wisata dengan menerapkan protokol kesehatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Meskipun pandemi, namun para pemuda melalui Karang Taruna tetap harus produktif. Untuk itu sekali lagi kami menghimbau, agar tetap menjaga secara preventif terkait protokol kesehatan dengan kesadaran tinggi, sehingga bisa melakukan pencegahan penularan COVID-19," pungkasnya. (pd) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv