09 November 2021

Ruhana Kuddus di Google Search



PADANG, (GemaMedianet.com| Mungkin tak banyak yang tahu, Gooegle Search (Penelusuran Google) kemarin, Senin (8/11/2021) secara otomatis menampilkan gambar sosok wanita bertikuluk (tutup kepala khas perempuan Minang).

Siapakah dia? Itulah Ruhana Kuddus (ejaan lama Roehana Koeddoes), sosok Pahlawan Nasional Perempuan dari Ranah Minang.

Pada 8 November 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Roehana Koeddoes atau Ruhana Kuddus, berdasarkan keputusan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Penghargaan itu diserahkan dalam sebuah upacara di Istana negara yang diterima mewakili keluarga ahli waris, yakni Janeydy, cucu dari Rohana Kuddus

Dari penelusuran GemaMedianet.com, selain itu dia juga dikenal sebagai wartawan perempuan pertama di Indonesia, pendiri Kerajinan Amai Setia Koto Gadang, serta pendiri Roehana School di Bukittinggi satu abad lalu.

Ruhana Kuddus adalah kakak sebapak dari Alm. Sutan Sjahrir, salah satu Bapak Pendiri Republik dan Perdana Menteri pertama RI (1946-1947) yang juga sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional (1966). 

Nasional yang diserahkan Presiden RI 8 November 2019 belum masuk dalam riwayat hidup "Perempuan yang Mendahului Zaman" ini.

Menyambut Hari Pahlawan 2021, mari kita haturkan salam "Penghormatan untuk Pahlawan Nasional Ruhana Kuddus". (*) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

BUMN

REMAJA DAN PRESTASI


Iklan