09 Oktober 2021

Penuh Perjuangan, Gerai Vaksin Presisi Polsek Sikakap Akhirnya Berdiri di Desa Sinakak




MENTAWAI, (GemaMedianet.com| Setelah melalui perjalanan panjang dan melelahkan, akhirnya Gerai Vaksin Presisi di Desa Sinakak Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat berdiri guna memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, Rabu (29/9/2021) pagi. 

Seperti diketahui, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan memiliki empat pulau utama, salah satunya Pulau Pagai Selatan.

Awalnya, Gerai Vaksin itu akan dilaksanakan di Puskesmas Bulasat. Namun mengingat akan banyak warga kurang mampu terkendala dengan jarak tempuh jalan darat yang rusak dan licin, untuk sampai ke Puskesmas Bulasat.

Apalagi secara umum transportasi laut masih mendominasi perjalanan antar wilayah di pulau terluar Pulau Sumatera dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Dengan berbagai pertimbangan termasuk kendala transportasi dan biaya, maka Desa Sinakak dinilai memiliki jarak yang cukup mendekati bagi masyarakat.

"Karena warga tidak mampu akan cukup kesulitan mendatangi Gerai Vaksin jika dipusatkan di Puskesmas Bulasat, karena terkendala tranportasi dan biaya," kata Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH di sela-sela kegiatan vaksin.

Selain jarak tempuh jalan yang  cukup jauh sepanjang 20 km ke  Puskesmas Bulasat dari kantor Desa Sinakak, sebut AKP Tirto Edhi, kondisi itu akan semakin membuat kesulitan lagi bagi masyarakat yang berada di dusun-dusun yang paling ujung Pulau Pagai Selatan.

"Masyarakat di Dusun Mabolak Selatan akan semakin sulit datang, karena harus menempuh jarak cukup jauh dengan menggunakan tranportasi laut atau naik boat untuk mendapatkan vaksin," tukasnya.

Di sisi lain, jarak dari Polsek Sikakap ke Puskesmas Bulasat sejauh 40 Km, sebaliknya dari Puskesmas Bulasat sejauh 21 Km.

Oleh karena itu, sebut Kapolsek  AKP Tirto Edhi, pendirian Gerai Vaksin di Desa Sinakak lebih maksimal dalam upaya percepatan program vaksinasi, sekaligus memberikan kemudahan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat.

Kegiatan vaksinasi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, satu per satu warga masyarakat di pagi yang cerah itu telah mulai berdatangan. Mereka mengawalinya dengan proses  pendaftaran pada petugas.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, SH bersama Personil Koramil Sikakap Serda Yuni Krisna Setiawan serta Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Bulasat yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Erika Rumahorbo, S.Km. (FS/MZ)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan