17 Oktober 2021

Lapas Solok Wakili Kemenkumham Sumbar Bantu TMMD ke-112




SOLOK, (GemaMedianet.com| Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Solok Untung Cahyo Sidharto mengikuti penutupan Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-112 di wilayah Kodim 0309 Solok. 

Kegiatan itu ditutup langsung oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel CZI Arif Hartoto, SE bersama Bupati Solok H Epyardi Asda, beserta Dandim Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos, M.I.Pol di Gedung Solok Nan Indah (14/10/2021).

Kegiatan TMMD ini telah berlangsung selama satu bulan dari tanggal 15 September – 14 Oktober 2021 di Kotosani dan Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy (15/9) lalu. 

Untung menyatakan, dalam kegiatan TMMD ke-112 ini Lapas Solok ikut berpartisipasi dengan melibatkan sebanyak 40 orang Warga Binaan dan 7 orang pegawai Lapas Solok setiap hari Senin dan Kamis di Kotosani.

Lebih jelas lagi Untung menyatakan, bahwa 40 orang Warga Binaan yang melaksanakan kegiatan ini berdasarkan hasil selektif yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, dan tentunya telah memenuhi berbagai proses dan persyaratan administratif dan substantif. Salah satunya yaitu telah dilakukannya Sidang Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

Selama kegiatan TMMD ke-112 berlangsung, TNI bersama masyarakat serta dibantu oleh Warga Binaan Lapas Solok telah berhasil membangun beberapa ruas jalan dan irigasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.  

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Kemenkumham Sumbar) R. Andika Dwi Prasetya ketika dihubungi menyatakan, sangat apresiasi dengan berlangsungnya kegiatan TMMD, kegiatan ini merupakan bentuk sinergisitas antara Kemenkumham dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten Solok. 

"Kedepannya, kami berharap untuk kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan lagi dengan melibatkan lebih banyak lagi Warga Binaan Lapas yang ada di Lapas dan Rutan di Wilayah Sumatera Barat ini," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan TMMD merupakan momentum dalam pelaksanaan program pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan di Lapas Solok. 

"Mereka (Warga Binaan) dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang sudah mereka peroleh di Lapas, serta diharapkan warga binaan dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat di luar Lapas, kelak ketika mereka keluar nanti dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Andika. 

Dalam kegiatan TMMD ke-112, Kanwil Kemenkumham Sumbar juga ikut berpartisipasi dengan menyumbang 100 zak semen. 

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat, dan jadi amal ibadah bagi kita semua," ujarnya.

Di sela penutupan kegiatan, Bupati Solok juga memberikan apresiasi kepada Lapas Solok yang telah ikut berpartisipasi dalam  acara TMMD ke-112. 

Bupati Solok juga berharap untuk kedepannya Lapas Solok juga bisa ikut serta dalam kegiatan sosial yang lainnya. (Rel/Ism) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan