18 September 2021

Wali Kota Milenial Fadly Amran Resmi Pimpin Gebu Minang Sumatera Barat




PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com| Fadly Amran, BBA Datuk Paduko Malano resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Pengurus Pusat Gebu Minang untuk memimpin Gebu Minang Sumatera Barat (Sumbar) Periode 2021-2026. 

Prosesi pelantikan dan pengukuhan sosok milenial yang saat ini menjabat Wali Kota Padang Panjang ini  dilangsungkan di Ball Room Hotel Truntum Inna Muara, Padang, Jum'at (17/9/2021) malam.

Warna putih yang mendominasi ruang acara itu, tampak menjadi sakral saat Fadly Amran dilantik dan dikukuhkan bersama jajaran pengurus yang berisi tokoh-tokoh Minang dalam komposisi Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gebu Minang Sumatera Barat periode lima tahun mendatang.

Ruang yang tadinya sempat riuh dengan suara saling sapa, bercengkrama, sejenak penuh keheningan. Dari mulai dibacakannya surat keputusan dewan pengurus pusat (SK DPP) Gebu Minang, hingga penyerahan Pataka Gebu Minang Sumatera Barat kepada sosok organisatoris, enerjik dan bersahaja itu.


Sosok muda yang dulu mendapat simpati masyarakat saat tampil dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang Panjang itu, kini telah resmi diamanahi memimpin Gebu Minang Sumatera Barat.

Bukan tak mungkin, jatuhnya pilihan secara aklamasi terhadap Fadly Amran untuk memimpin DPW Gebu Minang Sumbar dilatari ragam pengalamannya di beberapa organisasi penting di Sumbar. Hingga debutnya bertarung pada Pilkada Kota Padang Panjang. Lewat visi misinya menjanjikan banyak pembenahan nantinya di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan keagamaan dan olahraga mengundang atensi yang kuat dari publik.

Diantara program unggulan tersebut, yakni program antikorupsi, kota sayang lansia, rumah wirausaha, pengembangan ekonomi kreatif, koperasi syariah, dan sebagainya.


Seperti air mengalir, akhirnya Fadly Amran berhasil merebut kepercayaan dan diamanahi memimpin kota berhawa sejuk tersebut untuk periode lima tahun mendatang, 2018-2023.

Kini, pria yang beristerikan dr. Dian Puspita, SP.JP kembali mendapatkan atensi dari tokoh-tokoh Minang untuk memimpin Gebu Minang Sumbar. Sebuah organisasi masyarakat dalam gerakan ekonomi dan budaya Minangkabau.

Tak salah pula jika Ketua Umum DPP Gebu Minang, H. Oesman Sapta Odang (OSO) Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo dalam sambutannya secara virtual, menjatuhkan harapan kepada Fadly Amran, agar menjadi lokomotif kemajuan pembangunan dan ekonomi Sumbar, khususnya Gebu Minang.


Dikatakan OSO, Gebu Minang hadir dari keinginan untuk menghimpun perantau minang khususnya di bidang ekonomi.

"Di sektor ekonomi, teknologi dan informasi, Gebu Minang harus mampu berperan," pesan OSO. 

Prosesi pelantikan dan pengukuhan Fadly Amran itu selanjutnya disaksikan Ketua Umum DPP Gebu Minang OSO secara virtual, sedangkan pelantikan dan pengukuhannya diwakili secara langsung oleh Wakil Ketua DPP Gebu Minang Irjen Pol (Purn) Marwan Paris Datuk Sipado.


Usai pengukuhan dan pelantikan, dilakukan penyerahan Plakat Gebu Minang Sumbar dari Ketua DPW Gebu Minang Fadly Amran kepada Wakil Ketua DPP.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Plakat Pemuda Gebu Minang Sumbar dari Ketua Pemuda Gebu Minang Sumbar Wahyu kepada Wakil Ketua DPP.

Terakhir, Wakil Ketua DPP Irjen Pol (Purn) Marwan Paris Datuk Sipado juga berkesempatan melakukan pemasangan pin bagi pengurus DPW Gebu Minang Sumbar.


Bersama Marwan Paris Datuk Sipado ikut hadir langsung sejumlah DPW Gebu Minang di beberapa provinsi di Indonesia. Sedangkan Pengurus DPW Gebu Minang di provinsi lain yang belum berkesempatan hadir, banyak pula menyaksikan perhelatan itu secara virtual.

Hadir pula di kesempatan itu Gubernur Sumbar diwakili Wakil Gubernur Audy Joinaldy beserta unsur Forkompimda, serta undangan lainnya.

Gebu Minang Sumbar Siap Bersinergi

Apa yang menjadi tantangan dan harapan dari Ketua Umum DPP Gebu Minang disambut hangat oleh Fadly Amran usai dilantik dan dikukuhkan sebagai ketua DPW Gebu Minang Sumbar.

BACA JUGA : Ketum DPP Gebu Minang Lantik dan Kukuhkan Fadly Amran Beserta Jajaran Pengurus DPW Sumbar

Mengawali sambutannya Fadly Amran mengaku sangat bangga dengan suport dan dikelilingi tokoh-tokoh dari berbagai profesi dan bidang. Karena menurutnya, tentu akan banyak ide, gagasan dan hal-hal yang dikerjasamakan dan disenaraikan untuk bersama membangun Sumbar

"Pelantikan dan pengukuhan ini menjadi momentum bersama membangun Sumbar ke depan. Untuk itu saya tidak akan terlalu banyak berbicara tentang visi misi karena ini bukanlah panggung politik, tetapi ini adalah tempat kita bersinergi, mengumpulkan dan bekerjasama dalam melihat apa-apa saja program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak," tutur Fadly Amran.


Bersamaan dengan itu, katanya lagi, tentu tertib organisasi akan dilakukan secara bersama-sama. Pembenahan internal yang betul-betul kuat, profesional akan dilakukan tanpa mengurangi tali silaturahmi dan hubungan kemesraan serta hubungan antar sesama pengurus, sehingga tercipta situasi dan suasana yang baik dalam mewujudkan program secara bersama.

Kendati demikian, apa yang menjadi keinginan tentu tidak terlepas dari dukungan stakeholder, baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, Forkopimda dan stakeholder lainnya. DPW Gebu Minang Sumbar sendiri, sebutnya, siap bersinergi untuk bersama-sama membangun Sumbar.

BACA JUGA : Plt Ketua Gebu Minang Sumbar, Chairul Umaiya : Fadly Amran Dilantik Tanggal 17 September Mendatang

"DPW Gebu Minang Sumbar ingin bermanfaat bagi masyarakat banyak. Oleh karena itu Gebu Minang Sumbar Siap bekerjasama untuk merealisasikan program-program atau penyambung-penyambung lidah bagi kegiatan provinsi maupun Forkopimda dan stakeholder lainnya di tengah masyarakat," .

Dikatakannya lagi, hal yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah pelaksanaan rapat kerja (raker) yang akan mengumpul semua ide, gagasan dari para tokoh.

"Insya Allah, akan kita persiapkan sekretariat (sekre) dengan ruangan menerapkan protokol kesehatan (prokes)," ucapnya.

Begitu juga halnya dengan kemajuan teknologi, harus pula disikapi dengan baik. Gebu Minang Sumbar juga harus hadir dalam revolusi 4.0. Salah satu indikatornya, adalah bagaimana peran pemerintah sebagai fasilitator dan masyarakat sebagai kolaborator.

"Tentu, kami ingin mengisi posisi dan mensinergikan gagasan, ide sebagai bagian dari DPW-DPW di seluruh Indonesia. Ketika ingin berbuat di Ranah, tentu kita bisa bekerjasama dengan baik," ungkapnya.

Pemprov Sumbar Beri Dukungan

Di tempat yang sama, Wagub Sumbar Audy Joinnaldi yang didapuk memberikan sambutan mengakui, Gebu Minang merupakan organisasi yang sangat besar. Sejarah Gebu Minang itu dimulai dari tokoh-tokoh besar Minang tahun 1989 silam ketika mendirikan Gerakan ekonomi budaya (Gebu) Minang, dan selanjutnya berkembang menjadi organisasi yang besar, dan ada hampir di seluruh provinsi di Indonesia.


Begitu juga ketika melihat profil Ketua Gebu Minang Sumbar, Fadly Amran merupakan sosok yang suka berorganisasi, dan karenanya seorang organisatoris sejati biasanya kolaboratif dan inovatif.

Oleh karena itu di tengah kepengurusan Gebu Minang Sumbar yang begitu banyak diisi oleh para tokoh, profesor, doktor ini tinggal bagaimana seorang organisatoris seperti Fadly Amran berkolaborasi untuk mensinergikan potensi Gebu Minang menjadi kekuatan besar membangun Sumbar.

"Padukan dunia usaha, dunia akademik dengan teman-teman media, wartawan untuk bersama-sama memajukan Sumbar," pesan Audy.

Wagub juga meyakinkan, Gebu Minang bisa bekerja sama dengan pemerintah provinsi (pemprov), karena visi misi pasangan Gubernur dan Wagub Mahyeldi-Audy sangat banyak berkaitan dengan Gebu Minang.

"Tentu ini tugas berat dan tantangan pula bagi Ketua Gebu Minang Fadly Amran sebagai milenial. Untuk itu, mari kita bersama-sama berdialog, berkolaborasi untuk kemajuan Sumbar ke depan," ajak Audy.

Wagub secara terbuka mengakui, sering bertemu dan berkomunikasi dengan Fadly Amran.

"Sebagai milineal komunikasi kita lancar dan sering nyambung," tukasnya disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan pelantikan pengurus DPW Pemuda Gebu Minang Sumbar, organisasi otonom pertama yang dilantik oleh Ketua DPW Gebu Minang Fadly Amran.

#GMN | Mz
#Editor | Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR