23 September 2021

BPBD Sumbar Gandeng LKK MCS Yogyakarta Berikan Materi Strategi Pemulihan Awal Pasca Bencana




PADANG, (GemaMedianet.com| Menyusun strategi pemulihan awal pasca bencana yang merupakan tujuan akhir dari diadakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) Angkatan ke-6 BPBD Sumatera Barat Tahun 2021. 

Untuk materi bagi angkatan VI yang diadakan di Grand Basko Hotel Premier Padang ini, BPBD Sumatera Barat menggandeng Lembaga Konsultan Kebencanaan Mahoni Cakra Saujana (LKK MCS) Jogyakarta dengan menghadirkan pemateri Mbah Darmo, Mbak Ipit, dan Mas Rurit. 

Mengawali sesi ini, peserta disuguhi dengan materi pengkajian akibat dan dampak bencana dalam rangka menyusun strategi pemulihan awal pasca bencana. Harapannnya peserta pelatihan Bimtek JituPasna mempunyai kompetensi untuk melakukan pengkajian akibat dan dampak bencana dalam rangka menyusun strategi pemulihan awal pasca bencana. Karena hasil pengkajian selanjutnya akan menjadi program Rehabilitasi dan Rekonstruksi dengan 5 sektor yang wajib terangkum dalam penghitungan dan pencatatan tim. 

Mbak Ipit mengatakan, dalam hal ini menggunakan metode Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana.

Karena JituPasna merupakan suatu rangkaian kegiatan pengkajian dan penilaian akibat, analisis dampak dan perkiraan kebutuhan yang menjadi dasar bagi penyusunan Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Ditambahkan Mbak Ipit, pengkajian dan penilaian meliputi identifikasi dan perhitungan kerusakan dan kerugian fisik dan non fisik yang menyangkut aspek pembangunan manusia, perumahan atau pemukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.

Selain itu, analisis dampak melibatkan tinjauan keterkaitan dan nilai agregat dari akibat bencana dan implikasi umumnya terhadap aspek-aspek fisik dan lingkungan, perekonomian, psikososial, budaya, politik dan tata pemerintahan, tukasnya. (h)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR