22 Juli 2021

ACT Implementasi Qurban di Payakumbuh dan 50 Kota, Hidupkan Hari Tasyrik Idul Adha 1442 Hijriah



PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com| Momen Hari Raya Idul Adha Tahun 1442 Hijriah ini merupakan hari yang membahagiakan bagi penduduk di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota. Pasalnya, di tahun ini ada 10 ekor Sapi Qurban yang didistribusikan langsung ke daerah-daerah minim qurban atau tanpa qurban sama sekali dalam rangka menebarkan kebahagiaan ke pelosok negeri.

Implementasi ini dilakukan di wilayah Kota Payakumbuh dan Lima Puluh Kota yang menjadi cakupan kerja dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Payakumbuh.

“Ada 10 titik yang menjadi tempat penyaluran qurban kita tahun ini, kita coba jalin komunikasi dengan penduduk yang langsung kita jadikan relawan di sana,” tutur Almuhsinin, staff Program ACT Payakumbuh terkait target implementasi Qurban, Kamis (22/7).

Dijelaskan, penentuan lokasi implementasi diambil berdasarkan hasil assessment yang sudah dilakukan 3 minggu sebelum Hari Raya Idul Adha. Bersama tim dari Staff Marketing Comunication, Teguh Tegas Kata, proses assessment dilakukan dengan cara wawancara pimpinan desa atau tokoh masyarakat maupun penyambilan dokumentasi akses dan kondisi wilayah yang akan menjadi target implementasi.

Data-data yang diambil juga cukup kompleks, menimbang agar tempat implementasi qurban benar-benar tepat sasaran. Selain itu, proses assessment juga bekerjasama dengan para relawan yang tersebar di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota.

"Alhamdulillah, dari hari tasyrik pertama, distribusi qurban di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota mulai dilaksanakan," ujarnya.

Distribusi hari pertama (21/7) diantarkan langsung ke tiga lokasi yakni di Sungai Data (Kecamatan Harau), Nenan (Kec. Bukit Barisan) dan Galugua (Kec. Kapur IX).

Hari ke dua (22/7) untuk empat lokasi, yakni di Tangah Padang Indah (Payakumbuh), Nyanyiang (Kec. Kapur IX), Ampalu (Kec. Lareh Sago Halaban), dan Buluah Kasok (Kec. Harau).

Berikutnya, tiga tempat di hari terakhir (23/7) yaitu Sungai Kamuyang (Kec. Luah), Sungai Naniang (Kec. Bukik Barisan), dan Sungai Mangkirai (Kec. Gunuang Omeh)

Ruah bahagia, langsung tampak dari antusias warga untuk menyelenggarakan penyembelihan qurban di masing-masing lokasi.

“Sudah cukup lama rasanya daging qurban bisa dibagikan merata, karena biasanya hanya satu ekor kambing untuk seluruh kampung. Tetapi hari ini, diantar langsung (Satu ekor Sapi) ke kampung kami, Alhamdulillah,” tutur Kepala Jorong di Sungai Data.

Untuk pequrban yang telah bequrban di Global Qurban ACT, nantinya juga akan mendapatkan laporan khusus yang menerangkan, bahwa hewan qurbannya telah disembelih. 

Dan juga dilaporan tersebut, terdapat data kondisi wilayah tempat implementasi hewan qurban. (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan