14 May 2021

Irwan Basir Bantu Kerusakan Rumah Gadang 1916 di Batuang Taba Akibat Diterjang Angin Puting Beliung



PADANG, (GemaMedianet.com Kepedulian sosial Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM di tengah masyarakat patut diacungi jempol. 

Pasca peristiwa angin puting beliung yang melanda Kota Padang belum lama ini, Irwan Basir kembali menunjukkan kepeduliannya dengan membantu salah satu Rumah Gadang yang telah berdiri sejak 1916 di kawasan Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, yang rusak akibat peristiwa itu. 

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengutus Wakil Ketua DPD LPM Iskandar, S.Pd dan pengurus DPD LPM Padang Mastias Sanjany, Mulyadi dan Ketua DPC LPM Lubuk Begalung Bob Zahirsyah untuk menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada Zamzami Latif korban bencana alam angin puting beliung tersebut.

Di kesempatan itu, Iskandar mengatakan, bantuan ini adalah bentuk kepedulian sosial Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir atas kejadian bencana angin puting beliung ini. 

Iskandar berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk penanganan kerusakan rumah gadang akibat diterjang angin puting beliung. 

Ia menyebut, bencana ini tidak kita kehendaki, dan untuk itu ambil hikmah akibat peristiwa angin puting beliung yang melanda kawasan ini hingga memporak-porandakan rumah warga dan berdampak  kerugian materi.

"Mari kita berdoa kepada Tuhan YME agar tidak terjadi bencana seperti ini dan menyikapi atas bencana ini," harap Wakil Ketua DPD LPM Padang dihadapan korban bencana angin puting beliung, Jum'at (7/5/2021) siang.

Iskandar mengulas, bencana angin puting beliung ini terjadi beberapa hari lalu dan mengakibatkan atap rumah gadang porak poranda. Rumah gadang ini telah berdiri sejak 1916, peninggalan orangtua Zamzami Latif.

Seperti diketahui, Sumatera Barat (Sumbar)  termasuk Kota Padang merupakan etalase bencana, baik bencana gempa bumi, bencana banjir, longsor, angin puting beliung, kebakaran serta bencana lainnya. 

Dengan kondisi itu, maka masyarakat harus hati-hati dan selalu meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana yang datang sewaktu-waktu. Paling tidak,  harus sigap dalam menghadapi bencana alam ini.

Sementara itu, Ketua DPC LPM Lubuk Begalung Bob Zahirsyah Latif dalam laporannya mengatakan, bencana angin puting beliung yang merusak rumah warga di Kelurahan Batuang Taba Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, masing-masing mengalami tingkat kerusakan tidak sama. Ada yang rusaknya parah dan ada pula yang sedang.

Di tempat yang sama, Korban Zamzami Latif menuturkan bahwa kejadian kemarin (6/5) sore berlangsung begitu cepat, sebelum turun hujan deras. Ada seperti gumpalan awan hitam berputar-putar di lokasi kejadian, sekira dua menit. Putaran angin itu semakin kencang dan akhirnya menerbangkan atap rumah gadang hingga puluhan meter.

"Begitu kencangnya angin yang berputar- putar di bagian atas rumah gadang kami, maka dengan sekejap pula atap rumah berterbangan ke segala penjuru, sehingga  hanya menyisakan rangka bangunan saja," jelasnya.

Terkait kunjungan pengurus DPD LPM Kota Padang tersebut, Korban Zamzami Latif mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga.  "Dengan adanya wujud kepedulian Datuk Irwan Basir selaku Ketua DPD LPM Kota Padang, maka beban kami sebagai korban bisa berkurang," katanya. (Dp)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR