14 May 2021

Irwan Basir Apresiasi Kompensasi Perumda AM Kota Padang Terhadap Warga di Kawasan Sumber Air



PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didapuk memberikan sambutannya pada peresmian bedah rumah kedua bantuan zakat karyawan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang di Intake Guo, Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, Senin (10/5/2021) siang.  

Peresmian bedah rumah kedua yang dilakukan Wali Kota Padang Hendri Septa itu ditandai dengan pengguntingan pita. Turut mendampingi Hendri Septa, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam dan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul.

Hadir di kesempatan itu jajaran direksi dan segenap karyawan Perumda Air Minum Kota Padang, Kepala DPRKP Tri Hadiyanto, Camat Kuranji Eka Putra Buhari dan Lurah Kuranji Kasma Efendi serta undangan lainnya.

Bedah rumah di RT 01 RW 06 Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji yang merupakan kawasan sumber air Perumda Air Minum Kota Padang, Intake Guo ini didiami Pandi Dian Putra (26) beserta sang istri Renda Novia (22) dan putri semata wayangnya Kimberli Anggraini (3).

Irwan Basir Datuk Rajo Alam dalam sambutannya,  menyampaikan ucapan terimakasih atas fasilitas bedah rumah oleh Perumda Air minum Kota Padang. Ini berarti kompensasi Perumda Air Minum sebagai penghasil sumber air mineral sangat luar biasa.

"Insya Allah, apabila ini tetap menjadi suatu perbuatan yang rutinitas, maka keberadaan Perumda Air Minum di Kota Padang ini membawa barometer positif serta energi terhadap orang kurang mampu, terhadap keluarga dhuafa yang ada terutama sekali di kawasan sumber air minum," ujar Datuk Irwan Basir yang juga menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX.

Irwan Basir mengatakan, kegiatan ini secara umum juga merupakan kerjasama Pemerintah Kota (Pemko) Padang, karena database berdasarkan prioritas yang lebih kurang mampu.

Ke depan, lanjut Irwan Basir, kawasan sumber air akan menjadi sasaran dari pada daftar terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang akan dibantu oleh pemerintah, baik dari tingkat bawah kabupaten/kota, provinsi maupun pusat dan menjadi rangkaian kolaborasi.

"Harapannya akan terjadi perubahan harkat, nasib dan pola hidup dalam kehidupan masyarakat itu sendiri," tutur Irwan Basir yang juga Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

BACA JUGA : Wako Padang Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Sementara Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal menyebutkan, bedah rumah kali ini merupakan rumah kedua yang dibangun hasil sumbangan dan zakat dari karyawan dan karyawati Perumda Air Minum Kota Padang di setiap bulannya.

"Pembiayaan bedah rumah ini bersumber dari sumbangan zakat seluruh karyawan/karyawati kita di Perumda Air Minum Kota Padang. Dimana untuk satu unit rumah yang dibedah anggaran biayanya lebih kurang Rp50 juta. Sementata luas rumah berukuran 6x8 m2 dengan memiliki dua kamar, satu kamar mandi, ruang tamu dan dapur," jelasnya.

Ia menyebutkan, pogram bedah rumah kali ini merupakan yang kedua. Bedah rumah pertama berada di Lokasi Pipa Ulu Gadut, persisnya di belakang PT Semen Padang. Sedangkan untuk lokasi bedah rumah sekarang, berada sekitar 50 meter dari intake sumber air Perumda Air Minum Guo Kuranji.

"Rumah yang kita bedah kali ini dekat dengan sumber air kita. Alhamdulillah, sudah dua rumah tak layak huni di dua intake yang berbeda telah kita bedah. Insya Allah, semoga setelah ini hal yang sama akan bisa kita lakukan ke intake-intake lainnya. Dimana kita punya sebanyak 15 intake," sebutnya.

Lebih lanjut Hendra pun mengungkapkan alasan pihaknya untuk melakukan bantuan bedah rumah tersebut. Menurutnya, hal ini semata hanya sebagai bentuk kepedulian sosial dari jajaran pimpinan beserta jajaran dan karyawan/karyawati Perumda Air Minum Kota Padang.

"Ini semata demi kepedulian sosial, khususnya membantu warga yang ada di lingkungan sumber air kita," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Perumda Air Minum Kota Padang yang ikut memperhatikan warga yang ada di sekitar aset sumber airnya. Salah satunya, seperti kali ini di kawasan Intake Guo Kuranji.

"Alhamdulillah, rumah dari bapak Pandi telah selesai dibedah menjadi layak huni dan diresmikan hari ini. Untuk itu kita sangat bersyukur sekali, semoga menjadi ladang amal bagi pihak yang telah membantu," harap wako mendoakan.

Hendri pun berharap kegiatan seperti bantuan bedah rumah ini juga dapat merangsang pihak-pihak lainnya untuk berbuat yang sama.

"Jadi harapan kami ke depan semoga akan banyak lagi perusahaan-perusahaan BUMN/BUMD atau swasta yang mau berbagi kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan. Salah satunya seperti dalam membantu rehab rumah tak layak huni," harapnya.

Wali kota milenial itu juga mengungkapkan hingga saat ini di Kota Padang masih terdapat lebih kurang sebanyak 50.000 warga yang kurang mampu.

"Untuk itu, mari kita semua bersama-sama saling bergotong royong dalam hal kebaikan dengan membantu sesama. Seperti salah satunya mendukung pelaksanaan bantuan bedah rumah tak layak huni," imbuh orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

(DP/David)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

Adv

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR