15 Mei 2021

BMKG Laporkan Adanya Aftershock Gempabumi Nias Barat Dengan Kekuatan M5,2



NIAS BARAT, (GemaMedianet.com Pasca Gempa Tektonik yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, hingga pukul 14.30 WIB, berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 kali (aftershock) di arah Barat Daya Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (14/5/2021). 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi susulan ini berkekuatan M=5,2 pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,7.

BACA JUGA : Gempabumi Tektonik M7,2 di Nias Barat , Getarkan Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bambang juga meminta masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," sebut Bambang dalam keterangan resminya di Jakarta kemarin.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan