25 March 2021

Buka BBGRM dan Dasa Wisma 2021, Benny Utama : Momentum Perkuat Nilai Gotong-royong


PASAMAN (GemaMedianet.com Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Bulan Bakti Dasa Wisma Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Pasaman dibuka langsung oleh Bupati Pasaman H Benny Utama di Lapangan Bola Kaki Malampah Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari, Kamis (25/3/20210).

Pj. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman selaku Ketua Pelaksana Alim Bazar melaporkan maksud kegiatan (BBGRM), adalah melestarikan nilai-nilai budaya gotong-royong masyarakat, meningkatkan komitmen      bersama oleh pemerintah pusat dan daerah, aparat kecamatan/nagari, pihak swasta dan masyarakat luas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup keluarga.

“Melalui Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM kita perkuat semangat gotong royong dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan Hatinya PKK di Dasa Wisma merupakan tema dari BBGRM,"  jelas Alim Bazar.

Pada pelaksanaan BBGRM dan Bulan Bakti Dasawisma akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan fisik pembangunan dan rehab fasilitas umum dana fasilitas sosial, pembersihan lingkungan pemukiman warga, pemanfaatan pekarangan dengan HATINYA PKK dan kegiatan penyuluhan dari instansi terkait terhadap kelompok masyarakat dan pengurus PKK serta kelompok Dasawisma.

Bupati Pasaman dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM  Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2021 merupakan tindak lanjut program atau kegiatan Tim Penggerak PKK baik dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, bertujuan untuk menggelorakan terus-menerus semangat dan motivasi kerja bagi pengurus dasa wisma, serta dalam rangka melestarikan jiwa semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat, dimana nilai dan gotong royong ini salah satu aset dan jati diri masyarakat Indonesia umumnya dan khususnya masyarakat Pasaman.

“Dasa wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis, dalam melaksanakan dan    menyukseskan 10 Program pokok PKK di nagari yang pada akhirnya berpengaruh pada pencapaian program kegiatan Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun kabupaten. Oleh karena itu kelompok Dasawisma dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan tim penggerak PKK, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten," papar Benny Utama.

Melalui tema pencanangan   tahun ini kita jadikan momen   bersama memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan kebersamaan, tentu upaya penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan, termasuk vaksinasi, tambah Benny.

Pencanangan yang diselenggarakan pada hari ini, sebutnya, untuk mengingatkan betapa pentingnya gotong royong bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, juga mengingatkan  betapa  pentingnya peran dan fungsi PKK dalam ikut mendorong dan membangun masyarakat, mulai dari tingkat dasa wisma sampai ke tingkat kabupaten, ungkapnya lagi.

Untuk PKK, menjadi penting perannya terutama saat menghadapi Pandemi COVID-19 saat ini. Begitu pula kegotong-royongan, sangat penting untuk menghadapi penyebaran penyakit akibat virus corona dan belum ada obatnya. Baik dari sisi ekonomi keluarga maupun dari sisi kekompakan untuk menekan  penyebaran virus corona, tambahnya.

Akhir dari sambutannya Bupati Pasaman H Benny Utama mengajak agar pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM menjadi sebagai pendongkrak dalam mengatasi stunting di Kabupaten Pasaman.(Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR