14 Februari 2021

Bukan Hal yang Menjijikkan, Sampah Bawang dan Sayur Bisa Diolah Jadi Pupuk


PADANGPANJANG (GemaMedianet.com) - Dakam rangka mewujudkan Padang Panjang hijau dan bersih, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) ajak masyarakat mengolah sampah.

"Sampah itu bukanlah hal yang menjijikkan, apabila kita bisa mengolahnya dengan baik," kata Kepala Dinas Perkim LH, Desi Wita Susanti, ST di ruang kerjanya, Senin (8/2/2021).

Kegunaan sampah, kata Wita, sangat banyak. Baik sampah organik, maupun anorganik. Pihaknya sudah banyak melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, melalui kader lingkungan untuk pengelolaan sampah ini.

"Kita memiliki 32 orang kader lingkungan. Masing-masing dua orang per kelurahan. Mereka inilah yang telah melakukan sosialiasai kepada masyarakat untuk pengolaan sampah organik," kata Wita.

Sama diketahui, katanya, untuk pengelolaan sampah organik ini sangatlah mudah.

Wita mencontohkan sisa-sisa daun kulit bawang merah, bawang putih, kentang dan wortel, bisa dijadikan pupuk dengan cara mencampurkan ke tanah dan nanti bisa menjadi kompos.

Selain itu, lanjutnya, yang booming saat ini adalah eco enzyme yang kaya manfaat dan mudah dibuat di rumah.

"Cukup kumpulkan kulit buah-buahan, sayur-sayuran, ditambah dengan gula aren. Lalu tutup rapat, diamkan selama tiga bulan jadilah eco enzyme ini,” timpalnya lagi.

Eco enzyme, terang Wita, nantinya bisa digunakan untuk perawatan kulit, bisa untuk pupuk, untuk cuci piring dan lain sebagainya.

"Khusus untuk eco enzyme, kami sudah bekerjasama dengan TP-PKK untuk menyosialisasikan pembuatannya. Agar masyarakat mengetahui apa kegunaan eco enzyme ini dan cara membuatnya. Sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah yang bisa diolahnya," jelas Wita. (kominfo/cigus)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan