14 Februari 2021

ACT Sumbar Layarkan "Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan" Bawa Bantuan 70 Ton Pangan dan Logistik Korban Gempa Sulbar


PADANG 
(GemaMedianet.com
) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar) 
melepas Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan menuju Mamuju, Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (11/2/2021) kemarin. 

Bantuan seberat 70 Ton itu Dilepas oleh Gubernur Sumbar diwakili oleh Kabag Kesra dan Bina Mental Setdaprov Sumbar, H. Syaifullah yang berlokasi di Pelabuhan Teluk Bayur.

Acara pelepasan ini juga dihadiri Pejabat Pemprov Sumbar, pemko/pemkab se Sumbar, Komunitas, Sekolah, dan Para donatur Personal.

"Hari ini kita telah melepas 4 unit kontainer berisi bahan logistik berupa pangan dan logistik," ungkap Aan Saputra, selaku Head of Program ACT Sumbar.

Bantuan ini beratnya sekitar 70 ton, yang mana bahan bakarnya merupakan semangat kedermawan dari masyarakat Sumbar yang isinya berupa beras, minyak, tepung, gula, pakaian, makanan instant, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi, Rendang dan kebutuhan pokok lainnya.

Setelah pengiriman ini, ACT akan memasuki fase recovery menyiapkan tempat tinggal, sekolah, rumah ibadah, klinik, dan fasilitas umum lainnya.

Bantuan ini ditujukan untuk masyarakat terdampak gempa di dua lokasi Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

"Alhamdulillah, ACT bisa melepas Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan yang merupakan amanah dari para donatur. Dan Bantuan ini tidak hanya dari Masyarakat Sumbar saja, namun ada juga dari Provinsi Riau, Jambi dan Bengkulu yang menitipkan kepada kami agar bisa diberangkatkan melalui Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan ini," ungkap Aan Saputra

Tak lupa Aan menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kepedulian masyarakat Sumbar dengan telah menyukseskan Program Kapal Kemanusiaan sehingga bisa dilayarkan hingga ke Sulawesi Barat.

Adapun Bantuan ini juga sudah dilepas oleh Gubernur Sumbar, Prof.Dr.H.Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc di Istana Gubernur Sumbar, Senin (8/2) lalu. 

Dalam acara pelepasan Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan kali ini, H. Syaifullah mewakili Gubernur Sumbar itu mengungkapkan rasa syukur karena masyarakat melalui ACT Sumbar telah dapat mengirimkan bantuan untuk korban gempa Sulbar tahap pertama.

"Alhamdulillah, bantuan tahap awal dari masyarakat Sumbar telah kami salurkan melalui ACT," ujar Syaifullah.  

Dikatakan, pihaknya juga akan memperpanjang donasi 15 hari ke depan agar masyarakat bisa terus untuk berdonasi melalui Rekening Pemprov Sumbar di masa Recovery. 

"Harapannya, agar kita bisa membangun kembali Sekolah dan Masjid/Mushalla yang rubuh akibat gempa bumi di Sulbar yang nantinya akan kami kerjasamakan juga bersama ACT," ujarnya.

Terakhir, Syaifullah kembali berterima kasih sekali pada ACT Sumbar yang menjadi jembatan penghubung kedermawanan masyarakat Sumbar. 

"Masyarakat Sumbar karenanya bisa membantu saudara-saudaranya yang menjadi korban Bencana Gempa Bumi di Sulbar," pungkasnya. (rel/mr) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan