11 January 2021

Taruko, Payakumbuh Utara Menuju Kampung Wisata


PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com)  Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Kadisparpora Payakumbuh Desmon Corina mengatakan, pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mendukung adanya keinginan masyarakat untuk menjadikan Kawasan Taruko menjadi sebuah destinasi wisata. 

Hal ini disampaikannya saat menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait seperti anggota DPRD Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis, dan KWT serta pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang akan mendampingi Taruko Payakumbuh menuju Kampung Wisata.

"Pemerintah sebagai fasilitator siap mendukung keinginan masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Taruko. Kemudian diharapkan nantinya juga dapat memaksimalkan potensi yang ada tanpa harus mendatangkan dari luar," kata Kadisparpora Payakumbuh didampingi Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Mochammad Abdi menambahkan keinginan menjadikan Taruko Payakumbuh menjadi Kampung Wisata telah lama direncanakan. Salah satunya dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sejak tahun lalu.

"Awalnya sekitar bulan Desember 2019 dan berlanjut hingga awal tahun 2020. Tapi karena pandemi menyebabkan persiapan dan keinginan tersebut tertunda hingga akhirnya tahun 2020 habis," kata Wakil Rektor III UMSB yang sebelumnya juga mendampingi Kampung Adat Saribu Rumah Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota hingga masuk 3 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler.

Memasuki tahun 2021 ini, ia berharap keinginan masyarakat Taruko dapat terlaksana dan diwujudkan agar tahun 2021 ini juga dapat diusulkan untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Parekraf. Sebab menurut Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri ini, Taruko memiliki potensi wisata yang dapat bersaing, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

"Saat ini Pentahelix Payakumbuh untuk mewujudkan Taruko menjadi Kampung Wisata telah terpenuhi. Buktinya telah hadir pihak akademisi, pelaku industri pariwisata, komunitas pariwisata, pemerintah yaitu Disparpora dan DPRD Payakumbuh yang diwakili oleh Pak Mustafa, dan media," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Payakumbuh, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis dan KWT serta perwakilan media. (CAN) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR