15 January 2021

Bupati Yusuf Lubis Resmikan Gedung Baru Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur


PASAMAN, (GemaMedianet.com)  Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si meresmikan gedung baru UPT Dinas Kesehatan, Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Jumat (15/1/2021).

Peresmian gedung baru Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Pasaman dan pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Ny. Suryani Nasution, serta dilanjutkan dengan pemantauan ruangan gedung baru puskesmas.

Turut hadir dalam acara peresmian gedung baru Puskesmas Kuamang tersebut,   Ketua TP. PKK Kabupaten Pasaman Ny. Suryani Nasution, Anggota Forkopinda Pasaman, Forkopinca Kecamatan Panti,  Kepala SKPD dijajaran Pemda Pasaman, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman daerah  pemilihan pada Dapil Panti, Camat se Kabupaten Pasaman  dan Wali Nagari se Kecamatan Panti dan petugas kesehatan  Puskemas Kuamang Panti.

Acara peresmian gedung baru Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur, pada masa pandemi COVID-19 ini, terlihat jelas tetap ketat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 dengan prinsip 3 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun yang disediakan di pintu area masuk puskesmas dan menjaga jarak dalam berkomunikasi pada acara untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr. Rahadian Suryanta dalam laporannya menjelaskan, bahwa latar belakang pembangunan gedung baru puskesmas ini adalah untuk mengadakan fasilitas pelayanan kesehatan (yankes) yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif  dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat setinggi- tingginya pada wilayah ini.

"Pembangunan gedung baru UPT Puskesmas Kuamang Nagari Panti Timur ini menelan dana Rp.4,1 Miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020," ungkap Rahadian.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Panti Khairunas Dt. Rajo Malano, dalam sambutannya  menyampaikan terimakasih kepada Pemda Pasaman melalui Bupati Yusuf Lubis yang telah dapat menyediakan gedung baru pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang cukup layak di Nagari Panti Timur. 

"Gedung puskesmas ini sudah sangat  lama dirindukan, dan dibutuhkan masyarakat setempat selama ini, karena fasilitas kesehatan yang ada selama ini cukup jauh dari daerah ini," ujarnya.

Khairunas Dt. Rajo Malano juga berharap kedepannya pemerintah dapat melengkapi sarana dan prasarana layanan pendukung puskemas yang cukup memadai dengan pelayanan prima oleh petugas kesehatan pada Puskesmas Kuamang ini.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dalam sambutannya,  menyampaikan dari awal berdiri, bahwa status Puskesmas Kuamang sampai pada tahun 2018 adalah masih “Dasar”, hal ini disebabkan sarana dan prasarana kesehatan yang belum memenuhi standar yang ditetapkan peraturan dan perundangan-undangan kesehatan.

"Untuk mengoptimalkan standar Pusat Kesehatan Masyarakat  melalui Dinas Kesehatan, Pemda Pasaman melakukan upaya khusus dengan mengusulkan penambahan ruang untuk Puskesmas Kuamang ini melalui Anggaran Alokasi Dana Khusus  pada tahun 2020 yang lalu, sehingga penambahan gedung baru dapat terlaksana dan kita resmikan sekarang," terang Yusuf Lubis.

Bupati  juga menambahkan, kehadiran gedung baru Puskesmas Kuamang ini akan dapat menciptakan lingkungan dan perilaku hidup sehat di tengah masyarakat, serta dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan berharap di wilayah kerja Puskesmas ini tingkat kesehatan masyarakat semakin baik.

Kabid Sumber Daya Kesehatan, Risno Hendra Putera, SKM mengatakan, bahwa luas bangunan gedung baru Puskemas Kuamang ini sekira 860 m2 terletak di area seluas 2.200 m2 dan untuk pengembangan di masa datang Puskemas ini sangat cocok menyediakan layanan rawat inap bagi masyarakat.

Risno juga berharap, semoga Puskemas ini dapat berfungsi dengan baik dalam melayani kesehatan masyarakat, yang bisa dimanfaatkan masyarakat tidak hanya datang ketika sakit saja, tapi bisa melakukan konsultasi seputar masalah kesehatan. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Nusantara

Sumatera Utara

Iklan

Komunitas

Hiburan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR