26 December 2020

Padang Siap Kawal Perayaan Natal dan Tahun Baru di Tengah Pandemi COVID-19


PADANG, (GemaMedianet.com) Jelang Natal dan pergantian tahun baru (Nataru) 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama unsur Forkopimda bertekad untuk senantiasa menjaga situasi dan kondisi di Kota Padang agar tetap terjaga dengan baik. 

Hal itu mengemuka dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kota Padang yang digelar di Ruang Abu Bakar Ja'ar, Balai Kota Padang, Selasa (22/12/2020). 

Rakor ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa.

Wakil Wali Kota Hendri Septa dalam sambutan dan arahannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik digelarnya rakor tersebut. Sebagaimana agenda ini mengacu sesuai adanya Surat Edaran (SE) terkait dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) baru-baru ini. Selain itu, hal ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan pemko setempat bersama unsur terkait setiap menjelang Natal dan pergantian tahun baru masehi.

"Tujuannya tentu adalah, bagaimana aktifitas yang akan dilakukan masyarakat khususnya pada malam Natal dan malam pergantian tahun baru 2021 dapat kita jaga dan kendalikan. Untuk itu, sekarang kita harus melakukan pendeteksian dini, apalagi sekarang di tengah suasana wabah pandemi Covid-19," sebut wawako didampingi Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Kota Padang Yuska Libra Fortunan.

"Jadi, segala sesuatunya harus kita bahas dan sikapi sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing mulai saat ini. Sehingga semuanya tetap kondusif dan hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi di kota yang kita cintai ini," ujarnya menambahkan.

Wawako melanjutkan, sesuai fenomena yang terjadi saat ini diprediksi setidaknya akan menjadikan suasana malam perayaan Natal dan malam pergantian tahun baru sedikit berbeda dari biasanya. Hal itu dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Kota Padang.

"Sesuai aturan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini kita harus mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan. Diantara beberapa aturan dan anjuran yang harus diikuti terutama sekali adalah selalu memakai masker kemana bepergian. Kemudian menjaga jarak atau menghindari kerumunan demi mencegah penularan COVID-19," imbuhnya menekankan.

Dalam rakor tersebut, berbagai hal dibahas dengan tujuan melakukan kewaspadaan dini terhadap hal-hal yang akan terjadi ke depan.

"Banyak hal yang harus kita sikapi seiring perkembangan kondisi masyarakat dan daerah kita terkini. Maka itu, melalui rapat kali ini semoga Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kota Padang dapat menyikapinya secara baik. Diharapkan koordinasi dan komunikasi antara kita semua agar senantiasa berjalan optimal," tukuk Wawako Hendri.

Lebih lanjut kata wawako, mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan pada malam pergantian tahun, Pemko Padang tengah menyiapkan SE yang berisikan meminta setiap murid/peserta didik di Kota Padang untuk meramaikan masjid/musala. Semuanya dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita berharap, pada malam Natal dan malam pergantian tahun nanti masyarakat khususnya seluruh anak-anak di Kota Padang menghindari kerumunan dan hal-hal yang tak diinginkan. Semoga segala sesuatunya dapat kita persiapkan bersama secara baik dari saat ini," pungkas wawako mengakhiri.(David/Prokompim)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR