29 November 2020

Wako Fadly Amran Minta OPD Maksimalkan Serapan Anggaran


PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com)  Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan realisasi penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020.

"Masing-masing dinas mohon diperiksa terkait realisasi anggaran tahun 2020 ini. Saya lihat, ini ada  beberapa (OPD-red) yang saya apresiasi dalam artian sudah bagus, namun masih ada yang perlu dipenuhi. Ini tolong menjadi perhatian, mengingat tahun 2020 hanya tinggal satu bulan lagi," tegasnya dalam Rapat Evaluasi Kinerja OPD bulan Oktober di Hall Lantai III Balaikota, Kamis (26/11).

Lebih lanjut,  Fadly menekankan, kepada OPD yang belum tercapai target pencairan anggaran ini agar dapat dievaluasi oleh tim evaluator. Dirinya juga meminta  Inspektorat untuk mengevaluasi kembali OPD  yang telah merealisasikan anggaran. 

"Kalau memang ada eksepsi kegiatan atau program yang memang ingin direvisi bisa disampaikan ke saya. Agar efisiensi anggaran dapat dioptimalkan," sebutnya.

Turut menambahkan, Wakil Walikota Drs. Asrul. Dikatakannya, saat ini sudah memasuki triwulan 4 tahun 2020. Semestinya saat ini sudah terealisasikan seluruh target yang telah ditetapkan. 

“Mudah-mudahan pada akhir bulan November ini, sudah tercapai target. Dan bagi OPD yang tidak mencapai target akan diberi teguran,” ujar Asrul.

Dalam rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 terhadap capaian fisik dan keuangan di bulan Oktober, masih ada sebanyak tujuh OPD yang perlu mengejar realisasinya. 

Dan untuk total keseluruhan rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD Kota Padang Panjang tahun 2020 terhadap capaian fisik berada minus di angka 0,01% dan capaian keuangan minus sebesar 11,53%.

Sementara itu, untuk evaluasi di bidang pendapatan, belanja dan juga aset, realisasi pendapatan di bulan Oktober itu sudah lumayan cukup tinggi. Untuk pajak daerah sudah mencapai 92,53 persen. Retribusi daerah sudah 85.08 persen. Sedangkan untuk belanja baru terealisasi sebesar 64,47%. Dan untuk laporan aset yang telah yang disampaikan  OPD, semuanya sudah lengkap dan tepat waktu.

Rapat evaluasi ini, selain dihadiri wako-wawako, juga hadir Sekdako, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, asisten dan staf ahli, serta seluruh kepala OPD dan camat. (Kominfo/Ki)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Nusantara

Sumatera Utara

Iklan

Komunitas

Hiburan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR