08 October 2020

Aksi Damai Mahasiswa Tolak UU Omnibus Law Kembali Berlanjut ke Gedung DPRD Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Aksi penolakan terhadap Undang Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja ternyata belum usai.

Hari ini para mahasiswa yang tergabung dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta kembali berunjukrasa ke gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (8/10/2020).

Di tengah persiapan dan koordinasi di simpang tiga Kampus Bung Hatta Jalan S Parman menuju gedung DPRD Sumbar, para mahasiswa yang tengah berkumpul dikejutkan suara seperti dentuman keras berasal dari arah Bundaran Tugu Adipura depan Gedung Dinas PSDA Sumbar.

Pantauan media ini, sekelompok orang pelajar dari arah Jembatan Basko terpaksa dilakukan tembakan gas air mata oleh aparat kepolisian yang tengah berjaga-jaga.

Pasalnya, caci maki yang dilontarkan sekelompok orang pelajar karena beberapa rekannya diamankan petugas karena diduga sebagai provokator yang menyusup dalam aksi penolakan terhadap UU Omnibus Law itu awalnya hanya ditanggapi senyam-senyum oleh aparat kepolisian.

Namun ketika aksi itu berubah anarkis dengan melakukan pelemparan batu sembari mengagungkan kayu dan clurit, aparat kepolisian yang tengah berjaga-jaga guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan itu terpaksa menembakkan gas air mata. Aparat kemudian melakukan penyisiran dan menghalau sekelompok orang itu hingga ke arah jembatan Basco Plaza. 

Setelah dirasa situasi kembali kondusif, dua kelompok mahasiswa dari simpang tiga kampus bergerak perlahan ke depan gerbang gedung DPRD Sumbar.

Di tempat ini, dua kelompok mahasiswa itu akhirnya melebur menjadi satu menyuarakan penolakan dan pencabutan terhadap UU Omnibus Law yang mereka nilai kontroversial dan menciderai hak-hak pekerja.

Para mahasiswa dalam menyuarakan aspirasinya juga membawa spanduk yang berisikan kata-kata jeritan para mahasiswa dengan disahkannya UU Omnibus Law belum lama ini oleh DPR RI bersama pemerintah.

Sementara di sisi lain gedung DPRD yang dipenuhi dengan jawatan berduri, tepatnya di simpang empat depan RM Lamun Ombak Jalan Khatib Sulaiman berjejeran papan bunga menyatakan turut berduka cita atas disahkannya UU Omnibus Law. 

Sama seperti unjuk rasa kemarin, kedatangan para mahasiswa juga diterima langsung oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi. 

Politisi Partai Gerindra ini juga menyatakan siap menyampaikan aspirasi para mahasiswa ke DPR RI dan pemerintah. 

"Hari ini juga akan dibuatkan surat pengantarnya pada Presiden RI,” tegas Supardi.(UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Prakiraan Cuaca

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER