20 September 2020

Ketua Alumni Drs. H. Irdinansyah Tarmizi Tutup Usia, Keluarga Besar UIN IB Berduka


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang Drs. H Irdinansyah Tarmizi, yang juga sedang menjabat Bupati Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat menghembuskan nafas terakhirnya di RSUP M. Djamil Padang pada hari Sabtu tanggal 2 Shafar 1442 H, (19/9/2020).

Rektor UIN Imam Bonjol Padang-Prof. Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, MA mengungkapkan rasa kaget dan kehilangan dari sang Ketua Alumni dan politisi senior Irdinansyah Tarmizi yang dikenal sangat ramah dan mudah akrab dengan semua orang.

"Kita merasa sangat kehilangan atas kepergian Bapak Irdinansyah Tarmizi. Beliau mempunyai perhatian yang sangat tinggi terhadap UIN Imam Bonjol ini. Semoga Allah SWT mengampuni beliau, seluruh amal dan pengabdiannya diterima sebagai amal saleh. Allah terima beliau sebagai SYAHID atas kegigihannya membangun Kabupaten Tanah Datar yang sangat bernuansa Islami, diantaranya dengan program membumikan penghafalan AlQuran di Kabupaten Tanah Datar, semoga keluarga yang beliau tinggalkan mengikhlaskan kepergian almarhum menghadap Sang Khaliq," ungkap Rektor dengan penuh rasa kesedihan.

Rektor berharapan, di masa yang akan datang akan banyak lahir dari rahim UIN Imam Bonjol ini para tokoh, politisi, saudagar, sipil, pengusaha dan militer, di samping para ilmuwan, yang akan mengharumkan nama perguruan tinggi UIN IB ini.

"Jika ada orang yang meninggal dunia, kita berusaha mencari-cari sisi baiknya untuk diungkapkan. Khusus untuk almarhum, ketika menyebutkan namanya yang terbentang hampir sisi positif semua, terutama pada ranah akhlak almarhum,” tukuk Eka.

Di samping itu, Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH, Ketua Senat UIN IB Padang mengungkapkan rasa duka citanya dan menceritakan pengalamannya bersama Drs. H. Irdinansyah Tarmizi.

"Saya kenal betul sama Drs.H.Irdinansyah mulai dari Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang, beliau sangat baik dan moderat walaupun berbeda organisasi. Bahkan sampai beliau menjadi anggota DPRD Kota Padang dan DPRD Provinsi Sumatera Barat, serta terpilih menjadi Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Bupati Drs.Shadiq Pasadigue, SH, MM beliau sangat serasi menjalankan Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar," tuturnya. 

Malah waktu menjabat Wakil Rektor lll IAIN, sebut Prof. Asasriwarni, dirinya bersama rombongan sempat menemui Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar terkait rencana untuk mendirikan asrama mahasiswa asal Tanah Datar di kampus baru UIN IB di Sungai Bangek Padang, dan pada waktu itu keduanya memberikan dukungan.

"Bupati Shadiq Pasadigue dan Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi serta Kepala Dinas memberikan dukungan dengan menganggarkan sebesar 3 Miliar untuk pembangunan asrama mahasiswa tersebut. 

Begitu juga waktu masih menjabat Wakil Bupati Tanah Datar, dalam mubes alumni IAIN IB Padang Irdinansyah Tarmizi kemudian dipercaya sebagai Ketua Iluni IAIN IB Padang, dan pada Pilkada tahun 2015 Irdinansyah Tarmizi dipercaya lagi oleh masyarakat Tanah Datar sebagai bupati. 

Hal yang membanggakan sekaligus membuat haru ketika pelaksanaan Wisuda UIN IB Tahun 2019, Irdinansyah Tarmizi didapuk akan memberikan sambutan selaku Ketua Iluni UIN IB. Pada waktu itu almarhum tengah menjalani perobatan di Singapura, namun karena kecintaannya kepada almamater dia menyempatkan diri untuk hadir.

Dalam sambutannya Irdinansyah Tarmizi menyampaikan, dia harus minta izin ke dokter yang merawatnya di Singapura demi menghadiri acara wisuda UIN IB Padang yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna UIN IB Padang di Lubuk Lintah.

"Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, dan segala dosanya diampuni, serta ditempatkan di surganya. Selamat Jalan Buya," doa Prof. Asasriwarni. (G3)

#Red : Uki Ratlon l Humas UIN IB Padang 

0 komentar:

Post a Comment

Prakiraan Cuaca

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER