17 September 2020

Edy Rahmayadi Buka Festival Museum Sumut 2020, Kenali Sejarah Kita


MEDAN, (GemaMedianet.com— Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Festival Museum Sumut Tahun 2020. Edy Rahmayadi yang didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi berharap festival ini bisa menghidupkan gairah masyarakat mengunjungi museum.

“Melalui festival ini saya harap masyarakat lebih bergairah lagi untuk datang ke museum, lebih mengenal museum dan mau belajar dari sejarah kita di sini,” kata Edy Rahmayadi saat membuka secara resmi Festival Museum 2020 Sumut di Museum Negeri Sumut, Jalan HM Joni Nomor 51 Medan, Kamis (17/9/2020)

Festival Museum Sumut tahun 2020 diselenggarakan berbeda dengan festival sebelumnya. Dibuka selama 3 hari (17 September – 19 September), festival ini diikuti hanya lima museum yang ada di Sumut. Namun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut tetap menggelar festival yang baru diselenggarakan dua kali ini di tengah wabah Covid-19.

“Wabah Covid-19 memang banyak membatasi even-even yang sudah kita rancang, tetapi kita tetap menyelenggarakan festival ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Kita tentu berharap banyak yang datang ke festival ini, tetapi bila nantinya ada penumpukan massa, mau tidak mau kita harus melerainya. Bila sudah terlalu ramai kita juga batasi yang masuk,” kata Ria.

Selain keikutsertaan 5 museum di Sumut, Festival Museum Sumut 2020 juga menyajikan pameran dari berbagai kelompok dan komunitas seperti Ikatan Perupa Tanah Melayu, Komunitas Peduli Museum dan Sejarah dan Corak Karo. Selain itu juga ada perlombaan mengenai Aksara Batak yang saat ini mulai dilupakan sebagain besar orang di Sumut.

“Kami berharap ini mampu meningkatkan informasi dan pengenalan museum kepada masyarakat, terutama terkait kearifan lokal,” tambah Ria.

Turut hadir pada pembukaan festival ini Plt Kadis Kominfo Provinsi Sumut Irman Oemar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Rektor UISU Yanhar Jamaluddin, Kepala UPT Museum Negeri Deny Elfriansyah, Forkopimda, tokoh masyarakat, agama dan pegiat budaya serta sejarah.

#Red : Uki Ratlon l Humas Sumut 

0 komentar:

Post a Comment

Prakiraan Cuaca

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER