01 August 2020

Pemotongan Sapi Qurban Presiden RI Tahun 1441 H Dilakukan Petugas Berpengalaman dan Berlisensi


PADANG, (GemaMedianet.com— Sapi Qurban Bantuan dari Presiden RI Tahun 1441 H/2020 M usai diserahkan Gubernur Prof Irwan Prayitno secara resmi kepada Ketua Masjid Raya Sumbar Prof Sobhan Lubis berlanjut dengan pemotongan oleh petugas yang telah ditunjuk.

Begitu juga dengan tempat pemotongan hewan qurban dilakukan di lokasi yang sudah ditentukan oleh pihak masjid maupun pemerintah setempat. 

Proses pemotongan Sapi Qurban Presiden RI tahun 1441 H/2020 M yang dilangsungkan di halaman bagian belakang Masjid Raya Sumatera Barat  (Sumbar) tersebut turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Drs.Alwis, Kepala DPKH Sumbar Drh.Erinaldi beserta para kepala bidang (kabid) dan undangan lainnya.

Kegiatan pemotongan Sapi Qurban Presiden RI yang diawali dengan mengikat tubuh dan kaki Sapi berat 1,2 ton itu terlihat berjalan dengan aman dan lancar.


Hanya satu kali sembelih oleh petugas pemotongan dari Balai Pengembangan Tekhnologi dan Sumberdaya (BPTSD) Tuah Sakato Payakumbuh Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumbar yang sudah berlisensi Komite Akreditasi Nasional (KAN), urat leher Sapi Limousine berwarna coklat itu putus. Sapi itu tidak banyak berontak.

"Ya, karena ini Sapi spesial bantuan Presiden RI, maka kita mendatangkan petugas yang berpengalaman dan berlisensi KAN berasal dari UPT BPTSD Tuah Sakato Payakumbuh agar pelaksanaan pemotongan hewan qurban berlangsung profesional," tutur Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan/DPKH) Provinsi Sumatera Barat, Drh.M.Kamil di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (1/8/2020).

Di tempat yang sama, Kepala Disnak Keswan Sumbar, Drh. Erinaldi menambahkan, dari Sapi Qurban seberat 1,2 Ton kali ini diperkirakan menghasilkan daging qurban untuk didistribusikan bagi 700 - 800 KK yang ada di Kota Padang.

Bahkan, dalam Idul Adha tahun ini juga ada Sapi pendamping Sapi Qurban Bantuan Presiden RI yang berasal dari partisipasi pejabat Pemprov Sumbar.

"Biasanya pemotongan berlokasi di kantor Gubernur Sumbar, namun hari ini pemotongannya berlokasi di Masjid Raya Sumbar bersamaan dengan pemotongan Sapi Qurban Bantuan Presiden RI," tukasnya.

Erinaldi berharap, seluruh rangkaian pemotongan hingga distribusi daging qurban dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Pantauan GemaMedianet.com, petugas pemotongan Sapi Qurban bekerja cekatan dan berlanjut dengan menguliti dan memotong bagian-bagian hewan qurban.

Sementara petugas lainnya, satu per satu mulai mengangkut potongan daging hewan qurban ke tempat pendistribusian. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER